Advertisement

Via Ponsel, Trump dan Johnson Bahas Perdagangan Bebas

Dhiany Nadya Utami
Minggu, 28 Juli 2019 - 10:57 WIB
Sunartono
Via Ponsel, Trump dan Johnson Bahas Perdagangan Bebas Boris Johnson - Reuters/Neil Hall

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah memberi selamat kepada Perdana Menteri baru Inggris Boris Johnson melalui sambungan telepon pada Jumat (26/7/2019).

Trump juga menyinggung perihal perjanjian perdagangan bebas antara AS-Inggris.

Advertisement

"Saya mengucapkan selamat kepadanya dan tampaknya dia memang sudah siap [untuk bekerja]," kata Trump pada para wartawan di Oval Office, Washington DC, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/7/2019).

Menurut Trump, baik pemerintah AS maupun pemerintah Inggris sudah mulai melaksanakan perjanjian perdagangan bebas.

Trump memandang perjanjian tersebut sebagai hal yang penting karena dapat menyokong Inggris ketika kesepakatan Brexit terjadi.

Hal tersebut juga diamini pemerintah Inggris. Dalam pertanyaan yang dikutip Reuters, pemerintah Inggris menyebut AS dan Inggris sepakat bahwa Brexit menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk memperkuat kemitraan ekonomi antara kedua negara itu.

"Keduanya [Trump dan Johnson] menyatakan komitmen mereka dengan tegas untuk melancarkan perjanjian perdagangan bebas tersebut secara ambisius. Mereka juga tak sabar untuk memulai negosiasi sesegera mungkin setelah Inggris lepas dari Uni Eropa," demikian pernyataan pemerintah Inggris.

Selain masalah perdagangan bebas, kedua pemimpin tersebut membahas ketegangan yang terjadi dengan Iran sebagai buntut penyitaan kapal tanker Inggris baru-baru ini di Selat Hormuz.

Trump dan Johnson pun berencana untuk bertemu di KTT G7 yang diadakan di Biarritz bulan depan.

Johnson menggantikan Theresa May sebagai perdana menteri pada awal pekan ini. Dalam pada pidato pertamanya sebagai PM, Johnson menjelaskan kepada Uni Eropa bahwa Inggris akan mengambil pendekatan lebih keras untuk menegosiasikan revisi perjanjian Brexit yang gagal diberikan oleh May.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement