Advertisement

Menristekdikti: Rektor Asing Diundang untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Newswire
Jum'at, 26 Juli 2019 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Menristekdikti: Rektor Asing Diundang untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mencoba salah satu alat di Laboratori Terhubung berbasis teknologi simulasi canggih yang dilengkapi kemampuan Augmented Reality dan Virtual Reality (AR/VR), di UGM, Rabu (28/11/2018). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan rektor asing akan diundang memimpin perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

“Saya selama jadi menteri melihat pertumbuhan perguruan tinggi menuju pada kualitas itu masih jauh dari apa yang kami harapkan. Kami melihat di dalam negeri sudah mulai makin baiklah, tetapi apabila kami bandingkan dengan perguruan tinggi dari luar negeri, ternyata kita jauh lebih rendah,” ujar dia dalam konferensi pers di Gedung Ristekdikti, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Advertisement

Dengan adanya sumber daya dosen asing, akan terjadi kolaborasi dan berbagi masukan yang bisa bermanfaat bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Ternyata di luar negeri pertama “resource”-nya [sumber daya] dosennya. Kalau dosen sifatnya homogen tidak akan maju, dan rata-rata perguruan tinggi di Indonesia sifatnya hampir homogen,” kata dia.

Sementara, di perguruan tinggi di luar negeri, tenaga atau dosen asing sudah ikut terlibat dan menjadi dosen serta meneliti bersama-sama.

“Dosen asing masih kurang [di Indonesia], kalau bisa 30 hingga 40 persen dari orang asing supaya kolaborasinya makin baik,” ujar dia.

Nasir mengatakan Kemenristekdikti akan menyampaikan masalah pendanaan untuk rektor asing tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Regulasi pelaksanaannya juga akan diatur dengan skema tertentu.

“Banyak peraturan yang berbenturan akan kami perbaiki dan nanti akan kami usulkan kepada presiden,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement