Izin Berobat, Setya Novanto Kelabui Petugas & Kemudian Pelesiran

Terpidana kasus korupsi proyek KTP elektronik, Setya Novanto (tengah) berada dalam mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/4/2019). - Antara/Reno Esnir
15 Juni 2019 05:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Setya Novanto ketahuan jalan-jalan ke Padalarang selama sekitar empat jam saat izin berobat keluar Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/6/2019) siang.

Terpidana korupsi E-KTP yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu pergi ke sebuah tempat penjualan bahan bangunan di Padalarang. Bahkan, fotonya saat berkunjung cepat beredar luas.

Dalam foto tersebut Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam, dan wajahnya ditutupi masker. Ia tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang sedang menenteng tas berwarna merah.

Novanto langsung mendapat tindakan tegas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat. Pada Jumat malam, Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor.

"Setya Novanto saya pindahkan ke Lapas Gunung Sindur," ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak, di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung.

Ia mengaku lalai dalam pengawalan terhadap Setnov. Pengawal Setnov ketika pelesiran juga bakal diperiksa.

"Atas nama Kemenkumham, saya mohon maaf kepada publik bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," kata Liberti.

Novanto berobat sejak Rabu (12/6/2019) di Rumah Sakit Sentosa, Bandung, dan menjalani rawat inap karena sakit pada lengannya.

Novanto dijadwalkan pulang ke selnya di Lapas Sukamiskin, pada Jumat (14/6/2019) pagi. Ketika akan kembali ke lapas khusus koruptor itulah, dia malah jalan-jalan.

Novanto awalnya beralasan membayar rekening tagihan rumah sakit di lantai dasar. Ia turun dari kamar tempatnya dirawat di lantai 8.  “Pengawal tunggu di atas [di lantai 8], tapi tidak muncul-muncul. Lalu disusul ke bawah, ternyata orangnya tidak ada,” ujar Liberti.

Kepala Lapas Sukamiskin yang mendapat laporan segera meneruskannya kepada Liberti. Pencarian pun segera dilakukan dan petugas Lapas Sukamiskin menemukan Setya sedang bersama istrinya di daerah Padalarang pada Jumat sore sekitar pukul 18.00 WIB.

“Dia pelesiran ke Padalarang,” ucap Liberti.

Novanto berada di Padalarang selama tiga hingga empat jam.

Sumber : Okezone.com & Bisnis.com