Advertisement

Jateng Sudah Masuk Musim Hujan, Puncaknya Diprediksi Terjadi di Bulan Agustus

Imam Yuda Saputra
Rabu, 12 Juni 2019 - 12:37 WIB
Nina Atmasari
Jateng Sudah Masuk Musim Hujan, Puncaknya Diprediksi Terjadi di Bulan Agustus Ilustrasi prakiraan puncak musim kemarau di Jateng. (Semarangpos.com/BMKG Jateng)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Musim hujan telah berakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang memprediksi puncak musim kemarau di Jawa Tengah (Jateng) akan terjadi pada bulan Agustus nanti.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan saat ini hampir seluruh wilayah di Jateng sudah mengalami musim kemarau. Datangnya kemarau itu salah satunya ditandai dengan tidak turunnya hujan dalam jangka waktu cukup lama maupun rendahnya curah hujan dalam jangka 10 hari beruntun.

Advertisement

 “Hanya Semingkir dan Nambo di Kabupaten Pemalang dan BD Ketenger di Banyumas yang masih terjadi hujan. Sedangkan yang paling lama tidak tidak turun hujan di Cokrotulung, Klaten, yakni selama 46 hari,” ujar  Iis kepada Semarangpos.com, jqringan Harianjogja.com, Selasa (11/6/2019).

Iis mengatakan berdasarkan pemetaan yang dilakukan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang hampir setiap wilayah di Jateng sudah masuk dalam kategori hari tanpa hujan yang sangat panjang. Kategori itu disematkan menyusul tidak adanya hujan selama 31-60 hari secara beruntun.

“Daerah yang masuk kategori hari tanpa hujan sangat panjang berada di wilayah Jateng bagian selatan dan utara sisi timur, seperti Pati, Rembang, Jepara, Grobogan, Soloraya, Purworejo, Kebumen, dan Cilacap. Kalau yang di sisi tengah Jateng masih ada hujan, walaupun dengan curah yang sangat minim [pendek],” imbuh Iis.

Iis pun memprediksi jika iklim bertahan seperti saat ini selama 10-20 hari ke depan, maka sebagian besar wilayah Jateng itu akan dilanda kekeringan ekstrem. Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai datangnya bencana hidrometeorlogi pada masa peralihan, seperti suhu tinggi saat siang hari dan suhu rendah pada malam hingga dini hari, kekurangan air, kebakaran, serta kekeringan.

Sementara itu, disinggung terkait puncak musim kemarau di Jateng, Iis mengaku ada perbedaan waktu di sejumlah wilayah. Di wilayah Soloraya dan sebagian kecil wilayah selatan Jateng, puncak kemarau diprediksi terjadi pada bulan Juli nanti.

Sementara di wilayah Semarang Raya dan sebagian utara Jateng, puncak musim kemarau bakal terjadi pada bulan Agustus. Sedangkan, wilayah Jateng bagian utara dan tengah, seperti Magelang, Pati, Rembang, dan Pekalongan, akan terjadi pada September nanti.

“Tapi secara umum, puncak kemarau di Jateng diperkirakan tiba pada Agustus nanti,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement