Polri Tangkap Penyebar Video Polisi China Amankan Aksi 22 Mei

Kepolisian Indonesia menangkap penyebar video viral polisi Cina jaga kerusuhan 22 Mei Jakarta. - Suara.com/Fakhri
24 Mei 2019 16:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BEKASI-- Saat kerusuhan di tengah aksi 22 Mei lalu, beredar video viral polisi China jaga kerusuhan di Jakarta. Kepolisian Indonesia menangkap penyebar video tersebut. Pelakunya adalah seorang pria bernama Said Djamalul Abidin, warga Karang Geku, Bekasi.

Menurut Kasubdit II Dirtippidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol Rickynaldo Chairul, kesehariannya, Said bekerja sebagai Wiraswasta. Ricky menyebut Said telah menyebarkan konten yang menyebarkan kebencian di tengah masyarakat.

"Beliau ini telah menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan individu maupun kelompok masyarakat berdasarkan SARA," ujar Ricky di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Menurut Ricky, Said sebar konten hoaks itu ke tiga grup obrolan media sosial WhatsApp. Selanjutnya berita tersebut disebar oleh para anggota grup itu ke orang atau grup lain sehingga menjadi viral. Said selaku tersangka disebut Ricky sudah mengaku perbuatannya.

"Kami sudah melakukan penangkapan kemarin pada pukul 16.30 WIB di daerah Bekasi, untuk tersangka juga sudah mengakui perbuatannya," jelas Ricky.

Sumber : Suara.com