Advertisement

Sudah Mengutus Orang, Jokowi Ingin Bertemu Prabowo Sejak Pemilu Selesai

Yodie Hardiyan
Rabu, 22 Mei 2019 - 21:27 WIB
Nina Atmasari
Sudah Mengutus Orang, Jokowi Ingin Bertemu Prabowo Sejak Pemilu Selesai Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan capres no urut 02 Prabowo Subianto sebelum mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Setneg Agus Suparto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —Calon Presiden RI nomor urut 01, Joko Widodo menanggapi pertanyaan mengenai rencana pertemuan dirinya dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang sampai saat ini belum terealisasi sejak penyelenggaraan Pemilihan Presiden 17 April 2019.

Menurutnya, sejak awal, dirinya telah berinisiatif untuk menemui Prabowo, terutama setelah Pemilihan Presiden usai diselenggarakan.

Advertisement

"Sudah mengutus [orang untuk mengatur pertemuan itu], tapi memang kelihatannya belum ketemu," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Rabu (22/5/2019).

Pertemuan antara dirinya dan Prabowo itu dinilai sejumlah pihak bakal mendinginkan suasana yang kian memanas ini, terutama setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi suara. Sejumlah kerusuhan kecil terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta Pusat.

Jokowi menyatakan Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu kegiatan dari perjalanan Indonesia yang masih panjang. Sebagai Kepala Negara dan kepala pemerintahannya, Jokowi menyatakan dirinya memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan.

Menurutnya, konstitusi Indonesia telah menyediakan ruang untuk menyelesaikan perselisihan dan sengketa melalui Mahkamah Konstitusi.

"Dan saya menghargai Pak Prabowo-Pak Sandiaga yang telah membawa sengketa pilpres itu ke MK. Saya juga meyakini bahwa hakim di MK akan memutuskan sesuai dengan fakta-fakta yang ada, berdasarkan fakta yang ada," kata Jokowi.

Dalam konferensi pers itu, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sebelum menyampaikan konferensi pers, mereka tampak berkumpul di satu meja di Istana Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement