Advertisement

Dititipi Ratusan Napi dari Siak, Karutan Sialang Bungkuk Keluhkan Over Kapasitas

Newswire
Senin, 13 Mei 2019 - 15:57 WIB
Sunartono
Dititipi Ratusan Napi dari Siak, Karutan Sialang Bungkuk Keluhkan Over Kapasitas Iustrasi Lapas Cebongan, Sleman. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU - Sebanyak 615 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Siak dievakuasi ke berbagai daerah pasca kerusuhan. Salah satu yang paling banyak mendapatkan tahanan titipan adalah Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru.

Pasalnya, ada sekira 265 narapidana yang dipindahkan dari Rutan Siak ke Sialang Bungkuk. Padahal, Rutan yang pernah kebobolan ratusan tahanan dua tahun lalu tersebut, saat ini kondisinya sudah over kapasitas.

Advertisement

"Rutan kita saat ini sangat sangat over kapasitas. Jika ditambah 265 tahanan dari Rutan Siak, jumlahnya menjadi 1980 orang," ucap Kepala Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Riko Stiven Senin (13/5/2019).

Padahal, lanjut Riko Stiven, kapasitas Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru hanya bisa menampung 500 tahanan. Dengan bertambahnya dari Rutan Siak, saat kapasitasnya 400 persen.

Oleh karena itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kemenkum HAM terkait banyaknya napi titipan dari Rutan Siak. "Sudah ada kesepakatan, kita hanya menampung 130 napi titipan, sisanya nanti akan di pindahkan ke Rutan Bengkalis, Bangkinang dan Rengat dan juga Rutan Khusus Narkoba Pekanbaru yang sebentar lagi difungsikan," imbuhnya.

Saat ini 265 tahanan titipan itu sudah bergabung dengan napi Rutan Sialang Bungkuk. "Agar tidak terjadi gesekan, kita melakukan pendekatan anatar napi yang disini dan napi titipan," imbuhnya.

Seperti diketahui kerusuhan terjadi di Rutan Siak pada 11 Mei 2019. Kerusuhan disebabkan penganiayaan warga binaan oleh sipir. Tahanan marah dan membakar Rutan. Tidak hanya itu, gudang senjata Rutan juga dijebol mereka. Sementara tahanan yang masih kabur diburu polisi.

Dalam kerusuhan itu, Kasat Reskrim Polres Siak AKP Jailani terkena tembakan di tangan. Kondisinya sudah mulai membaik pasca-dioperasi pengambilan peluru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement