Advertisement

Haedar Nashir Ajak Warga Muhammadiyah Gunakan Hak Pilihnya

Newswire
Senin, 15 April 2019 - 12:47 WIB
Nina Atmasari
Haedar Nashir Ajak Warga Muhammadiyah Gunakan Hak Pilihnya Haedar Nashir. - ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Pemungutan suara dalam Pemilihan Umum 2019 akan digelar Rabu (17/4/2019). Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak warganya untuk menggunakan hak pilihnya.

"Khusus kepada warga persyarikatan Muhammadiyah agar menggunakan hak pilihnya," kata dia dalam jumpa pers tentang Pemilihan Umum 2019 di Gedung Dakwah Muhammadiyah di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Advertisement

Dia mengatakan tentang partisipasi aktif politik warga Muhammadiyah dengan menjadikan diri dan organisasi sebagai teladan terbaik dalam berdemokrasi, memegang teguh kepribadian dan khitah, memelihara hubungan dan marwah persyarikatan, serta menjunjung tinggi akhlak mulia.

Warga Muhammadiyah, kata dia, hendaknya bersama komponen masyarakat lain ikut menegakkan ketertiban sosial serta menjadi pemersatu umat dan bangsa, terutama pada ajang pemilu saat ini.

"Bersamaan dengan itu semakin giat dalam menjalankan segala usaha dakwah dan pembaruan yang menjadi misi utama gerakan Muhammadiyah untuk tersebarluasnya risalah Islam sebagai 'rahmatan lil'alamin' serta terwujudnya 'baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur'," kata dia.

Bagi masyarakat umum, Haedar mengajak mereka menggunakan hak pilih dengan penuh tanggung jawab, cerdas, menjaga persatuan, menjunjung tinggi moralitas, toleransi, dan kesantunan.

Selain itu, kata dia, masyarakat agar menjauhi praktik politik uang dan segala transaksi yang dilarang oleh agama, moralitas, dan hukum yang berlaku.

Ia mengatakan semua warga negara dan para pihak, baik dalam masa pemilihan maupun sesudahnya, hendaknya bersama-sama menciptakan ketertiban dan kedamaian.

"Hendaknya menjauhi segala bentuk pernyataan dan sikap yang bernuansa hasutan, perselisihan, kegaduhan, dan tindakan yang merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement