Advertisement

Mendag Batalkan Impor Bawang, Menko Perekonomian: Membatalkan? Mana Bisa…

Newswire
Sabtu, 13 April 2019 - 05:17 WIB
Sunartono
Mendag Batalkan Impor Bawang, Menko Perekonomian: Membatalkan? Mana Bisa… Pedagang bawang putih di Pasar Beringharjo, Darsinah, menunggu pelanggan, Senin (25/3)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan membatalkan rencana impor bawang putih dari China. Sebab, stok bawang ini sendiri masih dinyatakan cukup untuk memenuhi stok selama beberapa bulan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, impor bawang putih bukannya dibatalkan. Hanya saja memang belum direalisasikan oleh Kementerian Perdagangan.

Advertisement

Lagi pula lanjut Darmin, tidak bisa impor bawang putih tersebut dibatalkan. Sebab menurutnya, keputusan tersebut sudah ditetapkan lewat rapat koordinasi (rakor) yang dilakukan di kantornya.

"Membatalkan? Mana bisa dibatalkan itu, belum direalisasikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Mengenai alasan mengapa hingga saat ini impor bawang putih belum dilakukan, dirinya meminta untuk menanyakan langsung kepada Kementerian Perdagangan. Sebab Kemendag lah yang mengeluarkan rekomendasi impor bawang.

"Tanya aja Mendag [Enggartiasto Lukita] kenapa. Belum direalisasikan tapi kalau dibatalkan itu tidak bisa itu diputuskan di kantor saya itu dalam rakor," ucapnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut menurut Darmin, dirinya meminta kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk melakukan impor sesegera mungkin. Sesuai dengan kebutuhan dan stok yang dimiliki.

"Ya enggak lah [nunggu pilpres] kita enggak pernah bilang gitu. Waktu kita putuskan permintaannya itu adalah segera. Ya enggak pakai permintaan enggak pakai tanggal tanggal tapi ya tidak ada pengertian nunggu pilpres. Jadi tanya pak Enggar ajalah," katanya.

Darmin menambahkan, nanti pihaknya akan mengundang Menteri Perdagangan untuk menanyakan langsung terkait masalah tersebut. "Masak saya mengarahkan pak Mendag kayak Donald Trump pake Twitter. Nanti kalau kita mau pengarahan kita undang dia," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement