Advertisement

Menteri PUPR: Tol Jogja-Bawen Bisa Dimulai Tahun Ini

Newswire
Kamis, 04 April 2019 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Menteri PUPR: Tol Jogja-Bawen Bisa Dimulai Tahun Ini Mobil melintasi ruas jalan tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/7). - Antara/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan rencana pembangunan Tol Jogja-Bawen sudah memasuki tahapan penetapan lokasi. Jika tak ada aral melintang, tahun ini proyek tersebut bisa dimulai

"Pembangunan Tol Bawen-Jogja tinggal penetapan lokasi, sedang kami usulkan ke gubernur untuk penetapan lokasinya," kata Menteri PUPR seusai menyampaikan orasi ilmiah Pembangunan Infrastruktur dalam Meningkatkan Daya Saing di Bidang Investasi pada upacara Dies Natalis ke-5 Universitas Tidar (Untidar) Magelang.Kamis (4/4/2019).

Advertisement

"Kalau sudah ada penetapan lokasi, baru masuk tim appraisal untuk membebaskan lahan yang akan digunakan pembangunan jalan tol," ucap Menteri Basuki.

Dia mengharapkan tahun ini sudah ada tender untuk Tol Jogja-Bawen. Gubernur DIY Sri Sultan HB X sudah menyetujui proyek tersebut. "Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa dimulai," kata Basuki.

Sementara, proyek yang sudah memasuki tahapan tender saat ini adalah Tol Semarang-Demak.

Adapun akses pariwisata dari New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo ke Borobudur tidak akan menggunakan jalan tol. Menurut Basuki, ruas jalan yang ada sekarang akan dilebarkan.

"Akses Bandara Kulonprogo ke Borobudur bukan jalan tol, melainkan jalan kabupaten sekitar 30 kilometer kami lebarkan dari lima meter menjadi tujuh meter," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement