Jokowi: Putih, Baju Yang sangat Netral

Presiden Joko Widodo di Banten. - Okezone
31 Maret 2019 16:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, GOWA--Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang juga petahana dalam Pilpres 2019 mengajak masyarakat untuk mengenakan pakaian putih saat pergi ke tempat pemungutan suara (TPS) 17 April 2019 mendatang. Menurutnya, putih adalah netral.

"Pakai baju putih kan tidak apa-apa, dulu pakai baju kotak-kotak juga tidak apa-apa, putih baju yang sangat netral, semua orang memiliki," kata Joko Widodo seusai menyampaikan orasi dalam kampanye terbuka di lapangan Kalegowa, Gowa, Sulawesi Selatan pada Minggu (31/3/2019). 

Kampanye terbuka itu antara lain dihadiri oleh Iriana Joko Widodo, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, mantan gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo dan ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

Saat itu Jokowi berpesan agar datang ke TPS dengan mengenakan baju putih.

"Terakhir saya titip. Tanggal 17 April tinggal 17 hari. Marilah kita ajak saudara dan tetangga kita datang berbondong-bondong ke TPS dan perlu saya ingatkan agar datang ke TPS memakai baju putih karena yang akan dicoblos bajunya putih. Putih adalah kita kita adalah putih," kata Jokowi.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengkritik Jokowi yang mengajak pendukung menggunakan kostum putih. Sandiaga menilai ajakan itu mengkotak-kotakkan masyarakat.

Padahal Sandiaga mengaku khawatir imbauan Jokowi ini justru membelah masyarakat Indonesia. Sandi mengatakan seharusnya pilpres dijadikan ajang mempersatukan.

Advokat Cinta Tanah Air atau ACTA bahkan melaporkan Jokowi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Sabtu (29/3/2019) karena dugaan menyampaikan pernyataan provokatif saat kampanye.

Pernyataan yang dilaporkan ACTA salah satunya terkait dengan ajakan memakai baju putih ke TPS pada hari pencoblosan.

Sumber : antara