Advertisement

Pilot Boeing 737 Max Hanya Punya 40 Detik untuk Kendalikan Sistem Anti-Stall

Iim Fathimah Timorria
Rabu, 27 Maret 2019 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Pilot Boeing 737 Max Hanya Punya 40 Detik untuk Kendalikan Sistem Anti-Stall Karyawan Boeing di depan pesawat 737 Max 8 yang sedang keluar dari jalur produksi di Renton, Washington, Amerika Serikat, pada 13 Maret 2018. - Reuters

Advertisement

Harianjohja.com, JOGJA - Sebuah simulasi penerbangan untuk menguji permasalahan Lion Air PK-LQP yanh jatuh di Laut Jawa pada Oktober 2018 lalu mengungkap pilot memiliki kurang dari 40 detik untuk mengendalikan malfungsi sistem otomatis terbaru pada Boeing 737 Max.

The New York Times menyebutkan bahwa kegagalan salah satu sensor ternyata mengaktifkan sistem yang dirancang untuk mencegah kondisi stall, situasi ketika pesawat kehilangan daya angkat.

Advertisement

Hal itu terpapar dalam sebuah tulisan investigasi terkait uji coba yang menyerupai laporan awal investigasi kecelakaan Lion Air,

Dua orang yang mengetahui simulasi tersebut mengungkapkan pilot hanya memiliki waktu sedikit untuk menghindari kondisi stall yang tidak dapat dipulihkan.

Sistem terbaru yang dikenal dengan nama MCAS atau anti-stall itu sampai saat ini masih menjadi fokus investigator. Mereka mencoba menyelidiki apakah sistem ini menjadi penyebab dari kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Air.

Sistem MCAS ini memang baru dipasang di seri Boeing 737 Max. Administrasi Penerbangan Sipil Federal Amerika Serikat (FAA) mengungkapkan sistem ini dipasang mengingat seri Max memiliki mesin yang lebih besar dibanding 737 konvensional lainnya. Mesin itu pun berada di dekat moncong pesawat dan berpotensi memicu terjadinya stall.

"MCAS dirancang untuk menggunakan sistem otomatis untuk mengantisipasi stall dan bertindak untuk mencegahnya tanpa intervensi pilot," ungkap FAA sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (27/3/2019).

Kendati merupakan sistem baru, dua serikat pilot di AS mengaku tak mengetahui bahwa MCAS dipasang di Boeing 737 Max. Para pilot pun disebut menerima pelatihan yang minim terkait sistem ini, sebagaimana yang dialami oleh pilot Lion Air yang jatuh pada Oktober 2018 lalu.

"Saat menit-menit terakhir menjelang kecelakaan, pilot Lion Air justru membolak-balik prosedur teknis manual dan mencoba mencari tahu apa yang terjadi," tulis The New York Times.

Guna menangkal permasalahan MCAS, sumber anonim menyebutkan terdapat prosedur umum yang harus diikuti oleh pilot. Jika sistem tersebut mulai membuat hidung pesawat menukik ke bawah, pilot dapat mengembalikannya ke posisi semulai melaui saklar di ibu jari mereka. Dengan melakukan itu, mereka bisa memiliki lebih banyak waktu untuk menghindari kerusakan.

Untuk sepenuhnya menetralkan sistem, pilot perlu membalik dua sakelar lagi. Hal itu akan mematikan listrik ke motor yang memicu MCAS mendorong hidung pesawat menukik ke bawah. Setelah itu, pilot perlu memutar roda dan memperbaiki masalah apa pun yang muncul setelahnya.

Dalam simulasi tersebut, para pilot yang mengikuti prosedur di atas berhasil mengendalikan situasi dan mendarat dengan selamat. Kendati demikian, pilot tersebut melakukannya dengan pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme sistem baru Max, hal yang tak dimiliki oleh dua pilot dalam kecelakaan nahas Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement