Keponakan Jusuf Kalla Dipecat dari Partai Golkar karena Dukung Prabowo-Sandi

Erwin Aksa - JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
19 Maret 2019 19:12 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Golkar memecat Ketua Bidang Koperasi dan UKM Erwin Aksa. Musababnya, pengusaha muda sekaligus keponakan Jusuf kalla itu mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Pemecatan itu dikeluarkan secara resmi oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta.
Dalam surat keputusan yang dibacakan Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily disebutkan pemberhentian itu  berkaitan dengan sikap Erwin yang telah secara resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"DPP Partai Golkar telah mengambil keputusan untuk memberhentikan saudara Erwin Aksa dari posisi di DPP Partai Golkar sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM," kata Ace, Selasa (19/3/2019).

Sikap politik Erwin mendukung Prabowo-Sandi berseberangan dengan amanat Musyawarah Nasional Luar biasa (Munaslub) Golkar pada tanggal 20 Desember 2017 lalu.

"Salah satu amanat Munaslub ini adalah dukungan Partai Golkar bagi Presiden Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2019," ujar Ace.

Dia menyatakan setiap kader Golkar wajib mematuhi dan menjalankan forum keputusan tertinggi Partai Golkar itu dengan sungguh-sungguh. "Keputusan pemberhentian Erwin Aksa mulai berlaku sejak hari ini," kata dia.

Ace menyatakan posisi Ketua Bidang Koperasi dan UKM yang lowong usai ditinggal Erwin akan digantikan oleh Andi Rukman Nurdin Karumpa. Andi Nurdin adalah Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi).

Erwin Aksa yang akrab dengan cawapres Sandiaga Uno itu juga mengakui kedekatannya sebagai sesama mantan Ketua Hi[mi. Hal itulah yang membuatnya mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga.