Advertisement

Gempa di Lombok, Ada Sesar Baru tapi ...

Eka Chandra Septarini
Selasa, 19 Maret 2019 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gempa di Lombok, Ada Sesar Baru tapi ... Seorang warga membersihkan puing-puing rumahnya yang roboh pascagempa di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB, Senin (20/8). Pascagempa bumi yang berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Lombok pada Minggu malam pukul 22.56 Wita mengakibatkan sejumlah rumah di daerah tersebut roboh dan puluhan warga mengungsi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, MATARAM--Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan hasil analisis mekanisme sumber gempa bumi di Lombok pada 17 Maret 2019 menunjukkan bahwa gempabumi dipicu oleh penyesaran turun (normal fault). Gempa tersebut termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di sekitar Gunung Rinjani.

"Gempa yang terjadi kemarin [17 Maret 2019] bukan berasal dari dua generator gempa besar seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, tetapi ada sesar baru yang belum terpetakan dan belum teridentifikasi," ujar Agus saat ditemui Bisnis.com di kantornya, Mataram, Selasa (19/3/2019).

Advertisement

Agus menyebut, sebelumnya ada dua generator gempa di NTB khususnya di Pulau Lombok yaitu di sisi selatan, di mana Lempeng Australia bergesekan dengan Pulau Lombok yang terletak sekitar 200 km di bagian selatan pulau Lombok. Pertemuan lempeng ini memikiki potensi gempa dan tsunami.

Selain di sisi selatan, bagian utara Pulau Lombok juga berpotensi gempa yang disebabkan oleh Sesar Naik Busur Belakang Flores. Sesar inilah yang menyebabkan gempa Lombok pada 2018 lalu yang tercatat terjadi gempa hingga lebih dari 2500 kali dalam periode 29 Juli hingga 30 Agustus 2018.

Untuk gempa pada 17 Maret 2019 yang menyebabkan terjadinya longsor di Air Terjun Tiu Kelep Lombok Utara ini, menurut pengamatan BMKG dirasakan di daerah Lombok Utara IV MMI, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, dan Sumbawa III-IV MMI; Karangasem III-IV MMI, Denpasar III MMI, dan Kuta III MMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement