Advertisement

Putra Mahkota Arab Saudi ke Jakarta, AJI Minta Jokowi Bahas Soal Khashoggi

Newswire
Jum'at, 15 Februari 2019 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Putra Mahkota Arab Saudi ke Jakarta, AJI Minta Jokowi Bahas Soal Khashoggi Jamal Kashoggi. - AP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman akan ke Jakarta pekan depan untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Aliansi Jurnalis Independen atau AJI meminta Presiden untuk membahas kasus mutilasi jurnalis senior asal Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Mohammed Bin Salman mengunjungi beberapa negara di Asia untuk me "re-branding" nama baiknya dan keluarga.

Advertisement

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) berharap presiden mau menyampaikan persoalan pembunuhan mutilasi Khashoggi saat melalukan pertemuan dengan Mohammed Bin Salman. Imbauan tersebut akan diberikan kepada Jokowi dari AJI dalam waktu dekat.

"Kita akan sampaikan hal tersebut kepada presiden. Kita masih berencana akan demo atau kirim surat saja. Dalam beberapa hari ini akan diputuskan," Ketua AJI, Abdul Manan kepada Suara.com, Jumat, (15/2/2019).

Menurutnya hal ini harus dibahas dalam pertemuan tersebut. Pasalnya permasalahan ini sangat mengancam hak kebebasan berpendapat dan sudah menjadi sorotan mata dunia.

"Pembunuhan Khashoggi ini diangkat dan disampaikan kepada Pangeran Salman agar pangeran Salman tahu bahwa pembunugan khashoggi jadi pengaruh internasional termasuk komunitas wartawan," jelasnya.

Pihaknya meyakini ada keterlibatan keluarga Salman dalam pembunuhan sadis. Namun sejauh ini pihak Arab Saudi hanya mengakui adanya pembunuhan tapi tidak mengakui adanya keterlibatan Arab Saudi.

"Karena kan komunitas internasional termasuk senat Amerika kan meyakini ada campur tangan Salman dalam pembunuhan Khashoggi," jelasnya.

Khashoggi, seorang kontributor The Washington Post, dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah mengeluarkan sejumlah penjelasan yang kontradiktif, Riyadh mengakui bahwa dia terbunuh di dalam gedung konsulat. Turki telah mengupayakan ekstradisi orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan itu dari Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement