Advertisement

Tak Hadiri HUT PDIP, Jokowi Dikabarkan Datang ke Pernikahan Anak Sultan Brunei

Newswire
Selasa, 09 Januari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Tak Hadiri HUT PDIP, Jokowi Dikabarkan Datang ke Pernikahan Anak Sultan Brunei Presiden Joko Widodo / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan menghadiri pernikahan putra Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen, di sela-sela kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

"Sifatnya kunjungan bilateral kenegaraan untuk memenuhi undangan Sultan Brunei dan membalas [kunjungan] Sultan Brunei ke Indonesia," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Advertisement

Diketahui, kepergian Jokowi tersebut memang banyak dikaitkan dengan agenda yang ada di Tanah Air. Salah satu di antaranya adalah HUT PDIP pada 10 Januari 2024 besok. Di tanggal yang sama, juga digelar Dhaup Ageng Pakualaman (pernikahan putra Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X).

Ari menyebut kunjungan Presiden Jokowi ke Brunei Darussalam bertujuan untuk mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara.

Dia menjelaskan bahwa di luar agenda bilateral, Jokowi mungkin akan menghadiri acara pernikahan Pangeran Mateen.

Acara pernikahan Pangeran Mateen dan tunangannya, Anisha Isa Kalebic, dikabarkan digelar selama 10 hari mulai pada 7-16 Januari 2024.

Mateen merupakan anak ke-10 dari Sultan Bolkiah yang berada di urutan ke-6 calon penerus takhta kesultanan Brunei Darussalam.

BACA JUGA: Tersisa Waktu 9 Bulan Menjabat, Jokowi Minta Mendagri dan Menkominfo Percepat Digitalisasi Layanan Pemerintahan

Pangeran Mateen cukup dikenal publik karena sering diajak mendampingi ayahnya dalam kunjungan kenegaraan maupun ketika menghadiri berbagai forum internasional. Jokowi diagendakan melakukan kunjungan ke tiga negara, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pada 9-14 Januari 2024.

Ari menuturkan agenda ke negara-negara tersebut merupakan kunjungan balasan dari Presiden Jokowi, setelah Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh masing-masing telah berkunjung ke Indonesia pada September 2023.

Sementara itu, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah diketahui terakhir mengunjungi Indonesia pada September lalu dalam rangka menghadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Minggu 28 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement