Advertisement

Baru Saja Diberlakukan, Menpora Cabut Aturan Nyanyi Indonesia Raya di Bioskop

Newswire
Jum'at, 01 Februari 2019 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Baru Saja Diberlakukan, Menpora Cabut Aturan Nyanyi Indonesia Raya di Bioskop Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam jumpa pers di Kantor Kementrian Pemuda dan Olagraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Selasa (25/9/2018). - Suara.com/Arief Apriadi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Baru saja diketok, Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang mewajibkan penonton bioskop untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film sudah dicabut.

"Sudah dicabut," ujar Sesmenpora Gatot S Dewa Broto kepada Okezone, Jumat (1/2/2019).

Advertisement

Gatot menjelaskan, alasan Menpora mencabut edaran dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah karena resistensi dan kegaduhan yang ditimbulkan.

"Ya atas dasar berbagai pertimbangan. Karena resistensi dan kegaduhannya sangat tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, pihak pengelola bioskop mendapat imbauan Menpora untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya sebelum menayangkan film. Imbauan itu tertuang dalam Surat Menpora bernomor: 1.30.1/Menpora/I/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sebelum Pemutaran Film yang dirilis 30 Januari.

Langkah ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta Tanah Air. Menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah diterapkan di sejumlah negara, bahkan diwajibkan yang diikuti dengan sanksi yang tidak ringan.

“Masyarakat juga biar terbiasa dengan lagu kebangsaan, toh tidak ada susahnya. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum menikmati film,” kata Imam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement