Advertisement

Demi Petani, Tol Kulonprogo-Solo Dilengkapi 25 Jalan Layang

Alif Nazzala Rizqi
Sabtu, 26 Januari 2019 - 13:55 WIB
Budi Cahyana
Demi Petani, Tol Kulonprogo-Solo Dilengkapi 25 Jalan Layang Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Pemerintah berencana membangun 25 overpasss (jalan layang) dalam dalam rancangan proyek Tol Kulonprogi - Solo. Puluhan jalan layang kudu dibangun karena  tol penghubung antar provinsi itu melewati sejumlah areal pertanian.

"Overpass akan memberikan akses kepada para petani yang sawahnya kena (proyek tol). Coba kalau ketutup, kasihan dia (petani) harus memutar, terutama kalau sawahnya jadi kepisah," kata Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariant Daerah Jawa Tengah Peni Rahayu Jumat (25/1/2019).

Advertisement

Kendati demikian, menurut Peni, ada beberapa daerah juga yang memilih dibuatkan underpass ketimbang overpass. Alasannya lebih mudah untuk dilewati. "Tapi tetap harus dipertimbangkan lagi kecekungan tanah di sana, karena jika tak cermat bisa-bisa menimbulkan permasalahan genangan," ujar dia.

Proses penyusunan sumbu jalan atau trase Tol Kulonprogo-Solo, kata Peni, sudah rampung. Trase ini sudah ditunjukkan ke pemerintah daerah yang dilintasi tol, meliputi, Boyolali, Karanganyar, dan Klaten.

Masing-masing pemda akan mencocokkan trase dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan izin lingkungan. Selanjutnya, penetapan lokasi disusun.

"Masterplan ini sudah lengkap sekali, makanya diberikan kesempatan oleh pemrakarsa kepada tiga pemerintah daerah sampai akhir bulan ini. Jangan sampai tiba-tiba minta exit tol di sini atau di mana. Kalau usulan memang masuk akal dan secara teknis memenuhi syarat, boleh. Rest area harus yang tipe B berapa, tipe A berapa, itu kan sudah ada syarat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement