Pemkab Magelang Tidak Menerima Kontribusi dari Keberadaan Candi Borobudur

Wisatawan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. - Harian Jogja/Nina Atmasari
18 Januari 2019 20:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Candi Borobudur menjadi magnet wisatawan di seluruh dunia. Namun, keberadaannya di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang diketahui tidak memberikan kontribusi bagi hasil pajak pada pemerintah daerah setempat.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Magelang, Eko Triyono, saat menyambut kunjungan kerja Komisi A Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Bina Karya, Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Jumat (18/1/2019).

Eko mengatakan Pemkab magelang pernah menerima kontribusi dari keberadaan Candi Borobudur sebelum tahun 2001. “Setelah 2001 ke sini, secara sepihak Borobudur tidak memberikan kontribusi berupa bagi hasil pajaknya dengan alasan langsung diserahkan ke pusat," jelas Eko saat memeparkan tentang kerja sama pemerintah dengan pengelolaan pariwisata di Kabupaten Magelang.

Namun seiring berjalannya waktu, lanjut Eko, Pemerintah Pusat memberikan perhatian pada Kabupaten Magelang dengan program pendirian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di setiap desa di Kecamatan Borobudur dengan tujuan untuk meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat.

"Tentunya keberadaan Balkondes ini sangat membantu masyarakat di sekitar Borobudur, disamping kita juga mengembangkan kawasan-kawasan pariwisata yang lain di sekitar Borobudur," kata Eko.

Adapun terkait pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Eko menuturkan pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo yang menghendaki membangun jalan terusan hingga ke kawasan Borobudur melalui program Bedah Menoreh. Karena program ini dilaksanakan oleh Pemerintah Jawa Tengah, maka Pemkab Magelang hanya menunggu.

"Tentunya harapan kami, jalur ini nantinya juga akan menambah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, serta meningkatkan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Magelang," jelasnya.

Ketua Rombongan Kunjungan Kerja, sekaligus Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ali Mansyur mengaku sangat terkesan dengan sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten Magelang. Kendati demikian, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Magelang untuk tetap dapat konsisten dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya yang ada.

“Kami berharap agar pemerintah Kabupaten Magelang dapat terus konsisten dalam mengelola dan meningkatkan potensi serta sumber daya yang ada, agar nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat di Jawa Tengah," pungkasnya.