Advertisement

Ma'ruf Amin Minta Santri Tak Hanya Belajar Alquran dan Kitab Kuning

Nancy Junita
Sabtu, 20 Oktober 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Ma'ruf Amin Minta Santri Tak Hanya Belajar Alquran dan Kitab Kuning Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANGKALAN - Cawapres Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama Ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10/2018).

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin meminta agar para santri tidak hanya belajar membaca Alquran dan Kitab Kuning.

Advertisement

Dia menyarankan para santri belajar lebih luas lagi soal situasi kehidupan, sehingga bisa memberi jalan keluar bagi permasalahan bangsa.

Hal itu diungkapkan Ma'ruf saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama Ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10/2018).

Menurut  dia, sejak jaman dahulu, pondok pesantren bertugas menyiapkan generasi untuk membangun bangsa dan negara. Karena itu, selain belajar agama dengan mempelajari Alquran dan kitab kuning, para santri wajib melengkapi diri dengan ilmu lain.

"Misalnya,  santri sekarang harus melengkapi diri melawan isu-isu yang ada, agar dapat menangkal berita miring dan hoaks. Jadi, tidak hanya mampu membaca Alquran dan menulis serta membaca kitab kuning," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf pun berharap para santri bisa membaca 'huruf-huruf Allah' di dalam tata kehidupan, sehingga bisa membaca situasi dan kondisi, problem-problem yang terjadi.

 "Termasuk belajar ilmu siasat ekonomi dan kebudayaan," imbuhnya.

"Karena apa? Karena diharapkan santri ke depan memberikan jalan keluar terhadap kondisi saat ini, problem yang terjadi saat ini. Harus diakui, santri sekarang ini menghadapi tantangan lebih berat. Harus menguasai digital untuk menghadapi tantangan global," beber Ma'ruf.

Dia juga mengingatkan santri zaman ‘now’ agar belajar  sejarah perjuangan santri di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement