Advertisement

HASIL SURVEI : Ulama Lebih Berpengaruh Daripada Artis dan Politisi

Newswire
Rabu, 14 November 2018 - 20:03 WIB
Bhekti Suryani
HASIL SURVEI : Ulama Lebih Berpengaruh Daripada Artis dan Politisi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. - Suara.com/Erick Tanjung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Hasil survei baru-baru ini menyebut ulama sebagai profesi yang berpengaruh di masyarakat.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei soal profesi yang paling berpengaruh di Indonesia. Hasilnya, sosok ulama menjadi profesi yang paling berpengaruh untuk masyarakat.

Advertisement

Dari tujuh profesi terkemuka di Indonesia, profesi ulama menduduki posisi pertama dengan presentase 51,7 persen. Survei soal profesi yang paling berpengaruh tokoh agama lainnya seperti biksu, pastor dan lain-lain.

"Tokoh agama tidak hanya dilihat profesi tapi panutan, identitas keilmuannya yang jadi panutan publik. Oleh karena itu ulama sangat menjadi referensi publik untuk didengar himbauannya," kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Profesi ulama mengalahkan profesi politisi yang hanya sebesar 11 persen. Sejumlah prosfesi yang lebih kecil pengaruhnya ke masyarakat di antaranya yakni pengamat sebesar 4,5 persen, pengusaha sebesar 3,5 persen, akademisi sebesar 1,8 persen, aktivis LSM sebesar 1,7 persen, dan artis terkenal sebesar 1,1 persen. Sedangkan sebanyak 24,7 persen memilih untuk tidak menjawab atau tidak tahu.

Survei tersebut dilakukan sejak 10 Oktober hingga 19 Oktober 2018. Metode yang digunakan dalam survei ialah multistage random sampling dengan responden 1.200 responden.

Adapun cara pengumpulan data untuk survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Kesalahan dalam survei diklaim sebesar kurang lebih 2,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement