Pesawat Perintis Hilang Kontak di Oksibil Papua, Tim SAR Lakukan Pencarian

Pesawat PK-HVQ - ist via Okezone
11 Agustus 2018 17:37 WIB Newswire News Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, SENTANI-Tim SAR gabungan langsung menyelidiki dan melakukan pencarian atas pesawat udara milik maskapai Domonim Air bernomor seri PK-HVQ yang dikabarkan hilang kontak dalam perjalanan dari Tanah Merah ke Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (11/8/2018).

Informasi tersebut dibenarkan pihak SAR Jayapura. Pesawat dinyatakan hilang kontak pukul 05.50 WIT dan diperkirakan berada di sekitar area Oksibil.

Pesawat itu dipiloti Cap Leslie Sevuve, FO Wayan Sugiarta.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

"Informasi poin keberangkatan pesawat tersebut dari tanah merah pada pukul 13.42 WIT atau 04.43 UTC, dan jadwal kedatangan di Oksibil pada pukul 05.20 WIT, atau 14.20 UTC, namun kemudian informasi lost kontak," kata Putu, Sabtu (11/8/2018).

Saat ini pihaknya telah melakukan pencarian dengan melibatkan pihak LPPNPI, SAR, Operator, Marta Buana Abadi, pihak Bandara, dan KNKT.

Pesawat itu mengangkut sembilan orang, terdiri atas dua pilot dan tujuh penumpang.

"Betul-betul. Ada sembilang orang. Dua Pilot, tujuh penumpang," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ihwan, saat dihubungi Okezone, Sabtu (11/8/2019).

Kronologi
Kronologi yang diperoleh Okezone, pesawat PK-HVQ melakukan kontak awal dengan Tower Oksibil pada Pukul 05.11 WIT, personel ATC memberikan informasi cuaca dan runway in use.

Pukul 05.17 WIT, pesawat PK-HVQ melaporkan posisi overhead ketinggian 7.000 kaki dan meminta untuk joining long final runway 11.

Setelah posisi overhead tersebut Tower Oksibil mencoba melakukan komunikasi dengan pesawat PK-HVQ namun tidak berhasil. Personel Tower Oksibil juga tidak dapat melakukan komunikasi keluar area Oksibil dengan menggunakan HP karena kondisi sinyal.

Tower Oksibil baru komunikasi dengan Unit ARO Sentani pada Pukul 06.10 WIT, berita ALERFA langsung dikirimkan.

Upaya pencarian informasi pesawat PK-HVQ lebih lanjut dilakukan ke Tower Tanah Merah, Dekai, Sentani dan Wamena sampai dengan Pukul 06.35 WIT tidak berhasil mendapatkan informasi keberadaan pesawat. Pada Pukul 06.46 WIT dikirimkan berita DETRESFA.

Koordinasi lebih lanjut dilakukan dengan perwakilan KNKT di Sentani dan Kantor SAR terkait pesawat LOST di area Oksibil.

Sumber : Okezone

Ad Tokopedia