Advertisement

Terus Bertambah, Korban Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Jepang Hampir Mencapai 100 Orang

Newswire
Senin, 09 Juli 2018 - 12:42 WIB
Kusnul Isti Qomah
Terus Bertambah, Korban Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Jepang Hampir Mencapai 100 Orang Kondisi wilayah di Jepang yang terendam banjir. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, MIHARA-Sebanyak hampir 100 orang tewas dan puluhan lainnya hilang akibat guyuran hujan sangat lebat yang menyebabkan banjir dan longsor di Jepang. Tim penyelamat di Jepang menggali lumpur dan puing-puing untuk mencari penyintas yang selamat.

Setelah hujan yang mengguyur wilayah barat Jepang sejak pekan lalu mereda, langit biru muncul dengan sengatan matahari yang membuat suhu meningkat menjadi lebih dari 30 derajat Celsius. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan serangan panas di wilayah yang terputus dari aliran air dan listrik.

Advertisement

"Kita tidak bisa mandi, toilet tidak berfungsi dan persediaan makanan kita hampir habis," kata Yumeko Matsui, warga Kota Mihara yang tidak mendapatkan aliran air sejak Sabtu.

"Air kemasan dan teh botol semuanya hilang dari mini market dan toko-toko lain," kata perempuan berusia 23 tahun itu.

Media Jepang melaporkan, sekira 12.700 warga tidak mendapatkan pasokan listrik, sementara puluhan ribu lainnya terputus dari suplai air pada Senin.

Reuters, Senin (9/7/2018) mewartakan, jumlah korban jiwa akibat hujan dilaporkan telah mencapai sedikitnya 94 orang, sementara jutaan orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka yang tergenang air. Ini merupakan jumlah korban jiwa tertinggi kedua sejak 98 orang meninggal dunia akibat bencana topan pada 2004. Sedikitnya 58 orang lain masih dilaporkan hilang.

Meski perintah evakuasi tidak lagi diumumkan, pejabat departemen penanggulangan bencana mengatakan bahwa sekira dua juta orang masih diminta untuk menjauhi rumah mereka.

Pusat manajemen darurat telah dibentuk di kantor perdana menteri, dengan sekira 54.000 anggota tim penyelamat dari militer, polisi, dan departemen pemadam kebakaran melakukan pencarian dan penyelamatan di bagian barat dan barat daya Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement