Advertisement

HASIL SURVEI : Pemilih Islam Disurvei, Pilih Jokowi atau Prabowo, Hasilnya?

Newswire
Rabu, 04 Juli 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
HASIL SURVEI : Pemilih Islam Disurvei, Pilih Jokowi atau Prabowo, Hasilnya? Prabowo Subianto-Joko Widodo. Olah foto (nuc). - JIBI/doc

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemilih Islam yang merupakan terbesar di Indonesia menjadi target survei untuk melihat peluang para calon presiden pada Pilpres tahun depan.

Survei Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) FISIP Universitas Airlangga, Surabaya, menunjukkan pemilih Islam menyukai Joko Widodo-Muhaimin Iskandar sebagai pasangan calon presiden-wakil presiden di Pilpres 2019.

Advertisement

Hasil survei, dalam simulasi tiga capres-cawapres, peluang keterpilihan Jokowi-Cak Imin mencapai 41%, melampaui Prabowo-Zulkifli Hasan sebesar 26,3% dan Gatot-Anies 6,4%.

Jika hanya ada dua capres dan cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, peluang Jokowi-Cak Imin sebesar 42%, sementara Prabowo-Anies menempel tujuh persen di bawahnya dengan 35,7%.

Peluang keterpilihan Jokowi memang lebih besar jika berpasangan kembali dengan Jusuf Kalla, yakni 47,1%.

Berdasarkan survei itu, pemilih Islam yang memilih Jokowi sebesar 47,9% disusul Prabowo 30,1%.

"Dukungan terhadap suara Jokowi berasal dari pedesaan, masyarakat Pulau Jawa dan perempuan. Sedangkan, suara Prabowo berasal dari perkotaan, masyarakat di luar Pulau Jawa dan laki-laki. Pemilih Jokowi dan Prabowo sama-sama solid," ujar Direktur Puspek, Novri Susan seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/7/2018).

Survei bertajuk "Menakar Arah Pemilih Islam: Menuju Pemilu 2019" itu menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka (face to face) kepada 1.200 responden Muslim terpilih di 29 provinsi selama 12-26 Juni 2018.

Toleransi kesalahan sampel (Margin of error) 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement