Advertisement

Waspadalah, Ini Jam-Jam Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik

Newswire
Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
Waspadalah, Ini Jam-Jam Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik Pemudik sepeda motor. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Arus mudik mulai tampak di jalur utama di Jawa. Pemudik dengan kendaraan pribadi maupun pengemudi kendaraan umum diminta waspada dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan jam-jam rawan terjadi kecelakaan di jalur mudik terjadi pada pagi dan sore hari.

Advertisement

"Berdasarkan data lima tahun terakhir, kejadian kecelakaan terbesar pada sepeda motor. Biasanya terjadi pagi jam 9.00 sampai jam 12.00 dan jam 17.00 hingga jam 18.00," kata Yurianto di kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Dia menjelaskan kecelakaan sepeda motor pada pagi hari umumnya merupakan kecelakaan tunggal. Menurut dia kecelakaan terjadi karena pengemudi sepeda motor yang kelelahan karena berangkat mudik selepas subuh.

Beberapa daerah yang rawan terjadi kecelakaan di Banyuwangi dan Probolinggo di mana para pemudik dari Bali tiba di daerah tersebut sekitar pukul 9.00 hingga 12.00.

Selain itu wilayah lain yang rawan kecelakaan di Tuban, Bojonegoro, Purworejo, sampai ke Magelang. Sementara wilayah yang kerap jadi jalur mudik di Sulawesi Selatan yaitu di Pangkep arah ke Makassar.

Sedangkan kecelakaan yang biasa terjadi di sore hari, kata Yurianto, merupakan mobilitas masyarakat lokal di area jalur mudik yang tidak berhati-hati dan tidak memerhatikan lalu lintas yang padat.

Dia menerangkan bahwa di jalan tol justru relatif lebih sedikit kasus kecelakaan. "Jalan tol relatif lebih terkendali untuk kasus kecelakaan. Justru kecelakaan terjadi di daerah tidak macet," kata Yurianto.

Kementerian Kesehatan menyiapkan 3.910 fasilitas kesehatan yang siap sedia melayani penanganan kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran 2018.

Total jumlah fasilitas kesehatan tersebut terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 2.231 Puskesmas, 375 rumah sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 174 Public Service Center (PSC) 119.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Lokasi Donor Darah di DIY Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement