Advertisement

Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Megawati Minta Maaf

Annisa Nurul Amara
Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:27 WIB
Sunartono
Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Megawati Minta Maaf Megawati Soekarnopoetri / Antara /Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan permintaan maaf kepada Prabowo Subianto karena tidak dapat hadir dalam acara pelantikan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, pada Minggu (20/10/2024).

Permintaan maaf tersebut disampaikan melalui Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Minggu (20/10/2024). Megawati sangat terpaksa tidak bisa hadir karena kondisi kesehatannya belum sepenuhnya pulih seusai pulang dari lawatan napak tilas Bung Karno ke Saint Petersburg dan Uzbekistan.

Advertisement

BACA JUGA : Gus Yusuf Sebut Nama Prabowo di Depan Relawan Luthfi dan Sudaryanto

“Ibu Mega meminta kepada saya untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Prabowo karena pada hari ini Ibu Mega dengan sangat terpaksa tidak dapat menghadiri pelantikan beliau sebagai Presiden RI karena memang kondisi kesehatan,” katanya.

Basarah menjelaskan, saat berziarah itu Megawati tidak menggunakan masker, sehingga dirinya batuk dan sampai sekarang pun batuknya belum pulih. Bahkan, saat kemarin Megawati menghadiri sidang doktor terbuka Sekjen PDIP Hasto, dirinya menggunakan masker dan beberapa kali batuk.

Megawati tidak ingin prosesi pelantikan presiden yang berlangsung khidmat terganggu dengan batuk dan flunya jika dia hadir di ruangan secara langsung. Basarah juga menegaskan bahwa ketidakhadiran Megawati di acara pelantikan Prabowo-Gibran bukanlah artinya Megawati menolak undangan tersebut.

“Kalaupun ada alasan lain selain alasan batuk dan flu, sebagai seorang sahabat kata Bu Mega, Pak Prabowo pasti dapat mengerti dan memahami alasan-alasan Bu Mega yang lain,” ujarnya.

Sebagai bentuk sikap konstitusionalisme, Megawati telah menginstruksikan Ahmad Basarah selaku ketua fraksi PDIP di DPR agar seluruh anggota fraksi PDIP hadir dan menyukseskan pelantikan presiden. “Bahkan Bu Mega telah mengeluarkan instruksi larangan bagi seluruh anggota fraksi PDIP untuk ke luar negeri apalagi ke luar kota. Dengan maksud agar mereka wajib hadir dan menyukseskan pelantikan Prabowo pada hari ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pimpinan DPRD Gunungkidul Dilantik Pekan Depan, Alkap Langsung Dibentuk

Gunungkidul
| Minggu, 20 Oktober 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement