Advertisement

Presiden Prabowo Optimistis Indonesia Capai Swasembada Pangan Paling Lambat di 2029

Alifian Asmaaysi
Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Presiden Prabowo Optimistis Indonesia Capai Swasembada Pangan Paling Lambat di 2029 Presiden Prabowo Subianto (kanan) dengan disaksikan Presiden keenam RI Joko Widodo (kiri) mengucapkan sumpah jabatan dalam sidang paripurna MPR dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Republik Indonesia periode 2024 – 2029, Prabowo Subianto optimistis Indonesia dapat mencapai swasembada pangan pada empat hingga lima tahun ke depan atau selambat-lambatnya pada 2029.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato perdana usai dirinya resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI. Dia menegaskan, target tersebut dibidik guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.  “Kita harus mampu memproduksi kebutuhan pangan seluruh Rakyat Indonesia, saya sudah mempelajari bersama pakar-pakar yang membantu saya. Saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita akan swasembada pangan,” kata Prabowo di Kompleks Parlemen RI, Minggu (20/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Calon Menteri Kabinet Prabowo Akan Jalan Pembekalan di Hambalang Besok

Bahkan, Prabowo optimis dapat membawa Indonesia menjadi pusat lumbung pangan dunia. Hal itu kemudian diikuti oleh sorak sorai dan tepuk tangan peserta pelantikan Presiden.  Sejalan dengan hal itu, Prabowo optimis swasembada pangan dapat tercapai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Pasalnya, tambah Prabowo, hal itu dilakukan guna melindungi ketahanan pangan RI baik di tengah kondisi krisis sekalipun. 

“Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat- singkatnya. Kita tak boleh tergantung pada sumber makanan dari luar. Dalam krisis, dalam keadaan genting, tak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli. Karena itu, tak ada jalan lain dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan,” katanya. 

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 berlangsung pada hari ini Minggu, (20/10/2024).  Berdasarkan jadwalnya, rangkaian agenda pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres RI akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, yang dimulai dengan Pembukaan Sidang Paripurna.

BACA JUGA : Calon Menteri Kabinet Prabowo Akan Jalan Pembekalan di Hambalang Besok

Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI, lalu akan dilakukan penandatanganan dan pertukaran tempat duduk untuk Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Prabowo yang sudah resmi dilantik akan melakukan pidato pertamanya sebagai Presiden RI, di hadapan dewan Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantul Kesulitan Regenerasi Nelayan, Anak Muda Ogah Melaut

Bantul
| Minggu, 20 Oktober 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement