Advertisement

Pertama di Jogja, Baznas Resmikan ZCoffee di Kampus UIN Sunan Kalijaga

Abdul Hamied Razak
Rabu, 09 Oktober 2024 - 00:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pertama di Jogja, Baznas Resmikan ZCoffee di Kampus UIN Sunan Kalijaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan ZCoffee di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (8/10 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan ZCoffee di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (8/10/2024). Peresmian ZCoffee oleh Baznas tersebut merupakan yang pertama di Jogja, untuk memperkuat santripreneur di Indonesia.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan peluncuran ZCoffee di Kampus UIN Sunan Kalijaga merupakan yang pertama di Jogja. "Baznas meluncurkan ZCoffee pertama di Jogja. Jadi, ini program nasional yang kami tujukan untuk memperkuat santripreneur," kata di sela kegiatan.

Advertisement

Setelah UIN, lanjutnya, program serupa akan diaplikasikan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogja. Dijelaskan Saidah, ZCoffee tersebut dikelola oleh santripreneur dengan tujuan agar para santri bisa memiliki usaha secara mandiri dan bisa menciptakan episentrum kesejahteraan.

BACA JUGA: Lindungi Hak Santri, Pesantren Harus Terdaftar di Kemenag dan Ramah Anak

Saat ini, proses pengaplikasian ZCoffee untuk ketiga kampus tersebut sedang diproses. Dia menargetkan pada Oktober 2024 sudah bisa dijalankan. Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan ketiga kampus lainnya untuk mendorong pemberdayaan para santri yang menjadi mahasiswa supaya lebih produktif.

Baznas, lanjut Saidah, akan memberikan dukungan seperti 'capacity building' dengan melakukan training baristanya. Selain itu, Baznas juga akan memberikan modal kerja kepada penerima termasuk juga pendampingan. "Semoga dari empat titik kampus ini nanti ZCoffee bisa menjadi bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi produktif berbasis zakat," ujarnya.

Komoditas Kopi

Dia menjelaskan, dipilihnya minuman kopi untuk memberdayakan para santri itu tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan Baznas. Saat ini, Baznas memiliki binaan petani kopi di sejumlah daerah. Produk kopi dari hasil tanaman petani kopi binaan Baznas kemudian diolah secara baik, kualitas baik, dan dijual dengan harga terjangkau.

Dengan demikian, kata Saidah, di hulu Baznas sudah mempunyai on farmnya, sementara di hilir on farmnya menggunakan ZCoffee. ZCoffee seluruhnya dikelola oleh penerima manfaat dan semua keuntungan tidak akan masuk ke Baznas tetapi terus dikelola oleh para penerima manfaat.

"Jadi, program pemberdayaan ini adalah bertemunya sektor hulu petani petani kopi dengan sektor hilir yaitu santripreneur. Mereka kami pertemukan di ZCoffee," katanya.

Selain itu, lanjutnya, hilirisasi kopi yang dilakukan untuk memenuhi gaya hidup anak-anak muda yang suka kopi. "Mereka kami pertemukan di ZCoffee. Jadi, saat kita membeli kopi itu ada dua dimensi pemberdayaan yang dilakukan Baznas, yakni ikut memberdayakan petani kopi, dan ikut memberdayakan santri," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Jogja Mochamad Sodik menyampaikan terima kasih kepada Baznas terkait peluncuran ZCoffee di kampus tersebut. "Kami mengapresiasi Baznas atas program ZCoffee. Mudah-mudahan ini bisa laku keras dan berkah bagi banyak orang," harapnya.

Hingga tahun 2024, ZCoffee telah memiliki 18 outlet, 2 roastery yang tersebar di 8 kota, dan 4 provinsi di Indonesia. Beberapa lokasi utamanya antara lain Bogor, Tebet, Sentul, Surabaya, dan Mataram. ZCoffee juga mengoperasikan roastery di Bogor dan Mataram untuk menjamin kualitas kopi yang dihasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Rabu 9 Oktober 2024: Giliran Kota Jogja Listrik Padam

Jogja
| Rabu, 09 Oktober 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement