Advertisement

Wamendagri John Wempi Mundur dari Kabinet Jokowi, Segini Sisa Kader PDIP di Istana

Akbar Evandio
Senin, 30 September 2024 - 21:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Wamendagri John Wempi Mundur dari Kabinet Jokowi, Segini Sisa Kader PDIP di Istana Presiden melambaikan tangan di pintu pesawat kepresidenan. - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pemberhentian dengan hormat John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri). Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 62/M per tanggal 27 September 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Dia mengatakan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu juga menyertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdian kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju.

Advertisement

BACA JUGA: Survei Poltracking: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 86,5 Persen

“Penerbitan Keppres terkait pengunduran Bapak John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri karena yang bersangkutan dicalonkan sebagai calon kepala daerah pada pilkada 2024,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Senin (30/9/2024).

Mundurnya John Wempi Wetipo kian mengurangi jumlah kursi menteri di kabinet Jokowi. Pasalnya, jumlah kursi menteri PDI Perjuangan atau PDIP di kabinet Joko Widodo (Jokowi) tersisa menjadi 4 orang.

Keempat menteri PDIP yang masih tersisa di kabinet Jokowi antara lain, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, empat kader PDIP juga mundur dari kabinet Jokowi, yakni Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Wamendagri John Wempi Wetipo pun mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Pramono mundur setelah Tri Rismaharini yang juga maju di Pilkada 2024. Dia telah menjabat sebagai Seskab sejak sejak periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau dari Agustus 2015 sampai September 2024. Pada waktu itu, dia menggantikan posisi Andi Widjajanto yang digeser oleh Jokowi karena sejumlah pertimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muhammadiyah DIY Luncurkan Beras Jatam untuk Kemandirian Pangan

Jogja
| Senin, 30 September 2024, 23:02 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement