Advertisement

Pemulung Punya Peran Penting dalam Rantai Ekonomi Persampahan

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 08:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pemulung Punya Peran Penting dalam Rantai Ekonomi Persampahan Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemulung dinilai memiliki peran penting dalam menyerap sampah bernilai di perkotaan untuk diperpanjang masa hidupnya dengan di daur ulang menjadi kemasan plastik kembali.

Project Manager Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia, Lydia, menuturkan yayasannya digandeng Danone Aqua sebagai mitra pelaksana program Inclusive Recycling Indonesia (IRI) dalam pengelolaan sampah.

Advertisement

Dia mengaku pemulung di Jogja menjadi bagian kecil dari rantai pengelolaan sampah di perkotaan Jogja, Bantul dan Sleman. “Aktivitas mereka berkontribusi pada pengurangan beban Tempat Pembuangan Akhir Piyungan yang saat ini ditutup,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu (26/8/2023).

Di Jogja, sejak 2020 Danone AQUA telah mendampingi dua Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPSRRR) di Panggungharjo dan Minomartani serta satu pusat pengumpulan melalui program IRI.

Program ini bertujuan untuk menciptakan siklus hidup kedua dari sampah botol plastik. Botol plastik dikumpulkan dari tiga sumber yaitu: pusat penyortiran kota (TPS3R), pusat pengumpulan (pengepul) dan intersepsi sungai.

Melalui pusat pengumpulan yang ada, selain pelatihan tentang pengetahuan pemilahan sampah dan keselamatan kerja, YPCII memberikan edukasi terhadap 300 pemulung. Mereka mendapatkan pengetahuan pengelolaan keuangan.

“Pemulung didorong untuk menabung, akses kepada lembaga keuangan dibuka supaya mereka bisa merencanakan keuangan dengan lebih baik,” papar Lydia.

Wahyuni, pemulung yang kini bekerja di lapak rosok, mengaku merasakan sekali manfaat menabung. Dia mendapatkan akses menabung dari Perum Pegadaian sebagai bagian dari pendampinan Danone Aqua.

“Pertama kali saya gunakan tabungan adalah saat harus membeli seragam dan biaya sekolah anak waktu masuk STM. Sekarang anak saya sudah kelas tiga, saya menabung lagi untuk persiapan biaya kelulusan dan ijazahnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Ini Penyebab Harga Tanah di Karangsari & Pengasih Naik 3 Kali Lipat

Kulonprogo
| Senin, 30 September 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement