Advertisement

Terkuak, Jatuhnya Helikopter yang Ditumpangi Raisi Karena Faktor Cuaca, Bukan Sabotase

Newswire
Senin, 02 September 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Terkuak, Jatuhnya Helikopter yang Ditumpangi Raisi Karena Faktor Cuaca, Bukan Sabotase Sejumlah pria mengangkat poster bergambar Presiden Iran Ebrahim Raisi saat menyampaikan rasa duka atas korban kecelakaan helikopter di dekat Varzaqan County, di Teheran, Iran, pada 20 Mei 2024. Presiden Iran Ebrahim Raisi dan beberapa anggota tim pendampingnya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, dipastikan tewas Senin pagi seiring dengan ditemukannya puing-puing helikopter yang membawa mereka setelah terjatuh saat cuaca buruk pada hari Minggu di dekat Kabupaten Varzaqan. (Xinhua - Shadati)

Advertisement

Harianjogja.com, TAHERAN—Penyebab pasti  kecelakaan helikopter pada Mei lalu yang mengakibatkan kematian mendiang presiden Iran Ebrahim Raisi akhirnya terkuak. Penyebab utama helikopter tersebut jatuh karena faktor cuaca. Demikian diwartakan kantor berita IRIB pada Minggu (1/9), mengutip sebuah laporan investigasi akhir.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran merilis laporan tersebut, yang menyatakan bahwa aspek teknis, engineering, elektronik, dan navigasi helikopter tersebut telah diperiksa secara menyeluruh.

Advertisement

Temuan-temuan itu mengonfirmasi bahwa semua prosedur dan langkah-langkah sudah sesuai dengan standar dan regulasi yang telah ditetapkan sebelum dan selama penerbangan.

Laporan akhir tersebut mencoret penyimpangan dari rute penerbangan, informasi rute yang salah, dan campur tangan eksternal sebagai faktor penyebab kecelakaan.

BACA JUGA: Pemerintah Iran Mengkonfirmasi Presiden Ebrahim Raisi Meninggal Dunia Akibat Jatuhnya Helikopter Bell 212

Laporan itu juga menyebutkan bahwa pilot tidak melaporkan situasi darurat apa pun, dan pemeriksaan forensik tidak menemukan adanya bukti tindak kecurangan atau serangan.

Laporan tersebut mengaitkan kecelakaan itu dengan "kondisi iklim dan atmosfer yang rumit saat musim semi," yang menyebabkan terbentuknya kabut tebal dan menyebabkan helikopter itu menabrak gunung.

Raisi, bersama dengan rombongannya, termasuk mantan menteri luar negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, tewas ketika helikopter yang mereka tumpangi jatuh di sebuah area pegunungan di Provinsi Azarbaijan Timur pada 19 Mei, demikian warta Xinhua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wujudkan Smart City, Pemkot Kendalikan Layanan Publik hingga Lalu Lintas Gunakan Teknologi

Jogja
| Minggu, 15 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement