Advertisement

Konflik PBNU-PKB, Gus Ipul Sebut Muktamar Bukti Ketidakkonsistenan Partai

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Konflik PBNU-PKB, Gus Ipul Sebut Muktamar Bukti Ketidakkonsistenan Partai Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (ANTARA - HO/PBNU)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menilai jadwal Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa menjadi bukti ketidakkonsistenan dan kesalahan manajemen di internal elite partai tersebut.

"Saya sulit membayangkan ada satu keputusan, atau katakanlah saya tidak habis pikir ada keputusan yang berubah-ubah oleh segelintir elite PKB," kata Gus Ipul dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Advertisement

Gus Ipul menjelaskan bahwa pada awalnya PKB memutuskan muktamar di akhir tahun melalui musyawarah kerja nasional (mukernas), tetapi tiba-tiba muktamar diputuskan diselenggarakan pada 24-25 Agustus 2024 di Bali.

Menurut dia, perubahan jadwal Muktamar PKB yang tiba-tiba dianggap janggal dan terkesan ada yang ditutupi. Oleh sebab itu, dia mengajak kader PKB di dewan pimpinan wilayah maupun cabang (DPW-DPC) untuk bisa berpikir rasional, objektif, dan dapat melihat masa depan.

Selain itu, Gus Ipul mengajak para kader tersebut untuk dapat mengoreksi kebiasaan-kebiasaan yang dianggap tidak baik.

"Kami ingin DPW dan DPC PKB bisa mengambil sikap untuk perbaikan PKB ke depan, dan kembali ke pangkuan Nahdlatul Ulama seperti semangat awal berdirinya dari NU untuk bangsa. Itulah PKB," kata Gus Ipul.

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (Komite Pengarah) Muktamar PKB, Faisol Riza mengatakan bahwa partainya akan melaksanakan muktamar pada 24-25 Agustus 2024 di Bali.

"Persiapan semua sudah selesai, juga sudah disampaikan kepada seluruh pengurus DPW (dewan pengurus wilayah)-DPC (dewan pengurus cabang) tentang pelaksanaan muktamar pada tanggal 24—25 Agustus ini," kata Faisol di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Muktamar, kata dia, adalah forum tertinggi di PKB untuk mengambil keputusan tertinggi, dan dihadiri oleh semua perwakilan atau utusan dari DPW maupun DPC di seluruh Indonesia beserta badan otonom partai.

Diakuinya, sekitar 2.300 peserta akan hadir di Muktamar PKB tersebut, terlebih akomodasi sudah dipersiapkan dengan baik.

Walaupun demikian, dia mengaku pelaksanaan muktamar tersebut cukup padat karena bersamaan dengan masa pendaftaran Pilkada 2024, mulai 27-29 Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JiBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tak Sekadar Komoditas Perdagangan, Anggrek Ternyata Bisa Jadi Karya Seni Hidup

Jogja
| Selasa, 17 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement