Advertisement

Gudang Barang Impor Ilegal di Jakarta Utara Digerebek, Total Nilai Barang Capai Rp40 Miliar

Dwi Rachmawati
Jum'at, 26 Juli 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Gudang Barang Impor Ilegal di Jakarta Utara Digerebek, Total Nilai Barang Capai Rp40 Miliar Mendag, Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama Satgas Impor Ilegal saat menggelar jumpa pers terkait hasil penggerebekan gudang barang selundupan senilai Rp40 miliar di kawasan Kapuk, Penjaringan Jakarta Utara, Jumat (26/7/2024). - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Satuan tugas (Satgas) Impor menggerebek gudang penyimpanan barang-barang impor ilegal di kawasan Kapuk, Penjaringan Jakarta Utara. Dari penggerebekan itu, Satgas berhasil menyita barang impor ilegal dengan nilai total mencapai lebih dari Rp40 miliar.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwa barang impor ilegal itu diimpor langsung oleh importir yang juga merupakan warga negara asing (WNA).

Advertisement

Diakuinya, WNA tersebut menyewa gudang dan jasa logistik dalam negeri untuk menjalankan usahanya. "Hasil penyelidikan sementara ternyata ini importirnya orang asing. Nyewa gudang, minta di-packing barangnya, dia bayar, kemudian dijual secara online," ujar Zulhas, Jumat (26/7/2024).

Adapun, sejumlah barang impor ilegal yang disimpan di gudang tersebut di antaranya seperti ponsel, komputer, tablet, pakaian jadi, mainan anak, sepatu, sandal dan elektronik lainnya.

Rinciannya, total nilai untuk produk pakaian impor mencapai sekitar Rp20 miliar; barang elektronik Rp12,3 miliar; dan mainan anak mencapai Rp5 miliar.

Zulhas menyebut, barang-barang impor tersebut dipastikan tidak membayar pajak dan dijual secara online oleh importir. "Sepanjang tadi itu pakaian baru ya, kalau gitu rontok dong industri dalam negeri," katanya.

Sebagai tindak lanjut, Zulhas memastikan bahwa Satgas impor bakal memusnahkan seluruh barang-barang impor ilegal tersebut untuk menimbulkan efek jera.

Selain itu, aparat penegak hukum yang tergabung dalam Satgas Impor juga bakal mendalami penyebab dan asal-usul barang impor itu bisa masuk secara ilegal ke Tanah Air oleh orang asing. "Kan mesti ada yang salah, tak mungkin enggak ada yang salah kan. Masa barang tiba-tiba kayak sebesar ini sampai disini, enggak mungkin," ucapnya.

BACA JUGA: Satgas Impor Ilegal Diminta Tidak Hanya Bidik Usaha Kecil

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kemendag, Moga Simatupang menjelaskan bahwa barang impor ilegal itu dikirim melalui jasa logistik hingga masuk ke gudang. "Nanti dari gudang kalau ada pesanan untuk dikirim ke pemesan, mereka [jasa logistik] kirim," ucapnya.

Moga mengatakan lokasi gudang tempat barang ilegal itu baru ditemukan di pekan ini setelah Satgas Impor mengumpulkan informasi dari berbagai pihak.

Saat dimintai keterangan, pihak pengelola gudang tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen terkait dengan barang tersebut. "Ini masih pendalaman yang jelas setelah kita klarifikasi mereka tidak bisa menunjukkan dokumen," katanya. 

Moga menambahkan, penyelidikan lebih lanjut bakal dilakukan oleh aparat penegak hukum Kejaksaan Agung dan Polri untuk penentuan sanksi terhadap pihak terkait produk impor ilegal tersebut.  "Nanti hasil tindak lanjut hukum dari pihak kepolisian dan kejaksaan," ucap Moga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement