Advertisement

Covid-19 Masih Ada, Varian Terbaru Bernama Covid Flirt

Newswire
Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Covid-19 Masih Ada, Varian Terbaru Bernama Covid Flirt Ilustrasi Covid/19. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Varian terbaru Covid-19 muncul dan menyebar luas di Amerika Serikat, dinamakan Covid Flirt.

Covid Flirt adalah akronim untuk lokasi mutasi yang dimiliki varian pada protein lonjakan (spike protein). Salah satunya adalah KP.3, yang telah menjadi varian paling umum yang beredar di Amerika Serikat pada bulan lalu.

Advertisement

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, istilah FLiRT digunakan untuk menggambarkan seluruh varian yang berbeda, termasuk KP.2, JN.1.7, dan varian lain yang dimulai dengan KP atau JN.

Semuanya merupakan keturunan “induk” varian JN.1  yang telah dominan di AS selama beberapa bulan terakhir – yang tampaknya secara independen mengambil serangkaian mutasi yang sama. Ini disebut evolusi konvergen.

Virus seperti SARS-CoV-2 sering bermutasi, dan ketika bermutasi untuk menghindari pengenalan antibodi, hal ini sering melemahkan kemampuan mereka untuk mengikat sel yang ingin mereka infeksi.

Fakta bahwa varian-varian yang berbeda memiliki mutasi yang sama, menjelaskan kepada para ahli virologi bahwa kombinasi mutasi ini dapat membantu virus mencapai tujuan-tujuannya secara efisien.

Perbedaan varian FLiRT dengan varian lainnya, apakah lebih berbahaya? Varian FLiRT juga mencakup garis keturunan KP.3 JN.1, memiliki tiga mutasi utama pada protein lonjakan yang dapat membantu mereka menghindari antibodi.

Berdasarkan data yang dilacak dan pengalamannya dengan para pasien, Dr. Aaron Glatt, kepala dari infectious diseases (penyakit menular) di Rumah Sakit Mount Sinai South Nassau, New York, sekaligus juru bicara Infectious Diseases Society of America, mengatakan bahwa pada bulan Mei, dia belum melihat bukti adanya peningkatan penyakit atau rawat inap.

Aaron juga mengatakan bahwa memang terdapat beberapa perubahan signifikan pada varian-varian tersebut. Namun hal tersebut tidak sepenting sebelumnya, karena banyak orang mungkin sudah memiliki kekebalan dari penyakit dan vaksinasi sebelumnya.

Apakah vaksin yang sudah ada berfungsi melawan varian FLiRT? Vaksin yang ada saat ini seharusnya masih memiliki beberapa manfaat terhadap varian baru, walaupun sudah beberapa bulan penerimaan dosis terakhir sehingga kekebalan itu dapat berkurang seiring waktu.

Sejak 2022, regulator kesehatan telah meminta pembuat vaksin untuk merancang versi baru vaksin Covid-19 agar lebih baik dalam menargetkan varian yang beredar, yaitu varian JN.1 dan keturunannya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada bulan Februari lalu merekomendasikan dosis vaksin tambahan untuk orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.

Namun, penerimaan terkait tambahan dosis tersebut menunjukkan angka yang cukup rendah, bahkan pada populasi yang memiliki risiko tinggi.

Sehingga belum jelas apakah dosis vaksin tambahan akan direkomendasikan secara lebih lanjut atau tidak. Haruskah mengantisipasi varian FLiRT dari lonjakan kasus?

Varian Flirt dapat menyebabkan gelombang infeksi. Namun, meskipun gelombang ini semakin mengecil, dampak yang dihasilkan tetap besar pada kalangan tertentu, seperti lansia, orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, dan mereka yang memiliki kondisi medis sekunder lainnya.

Sehingga setiap orang dapat berperan dalam melindungi populasi yang berisiko tinggi, terlebih lagi saat varian baru tersebut menyebabkan peningkatan kasus.

BACA JUGA: Prabowo Disarankan Mempertahankan Komposisi 34 Menteri

Gejala Covid Flirt

Gejala dan periode penularan untuk varian Flirt tetap sama dengan JN.1 dan varian omicron sebelumnya: Setelah terpapar, mungkin diperlukan waktu 5 hari atau lebih sebelum mengalami gejala, meskipun gejala juga mungkin muncul lebih awal.

Penularan penyakit adalah 1 hingga 2 hari sebelum mengalami gejala dan beberapa hari setelah gejala mereda. Beberapa orang mungkin memiliki virus yang terdeteksi hingga seminggu setelah gejala mereka muncul. Selain itu beberapa juga mungkin mengalami gejala kambuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Diikuti Pelari dari Mancanegara, Ribuan Pelari Ikuti Event Sleman Temple Run 2024

Sleman
| Minggu, 08 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement