Advertisement

Pilkada 2024: PDIP Bawa Mantan Panglima TNI Andika Perkasa ke Jateng Ditarungkan dengan Kapolda Ahmad Luthfi

Muhammad Ridwan
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
Pilkada 2024: PDIP Bawa Mantan Panglima TNI Andika Perkasa ke Jateng Ditarungkan dengan Kapolda Ahmad Luthfi Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mantan Panglima TNI sekaligus kader PDIP, Andika Perkasa siap dicalonkan dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Utut Adianto ingin mengadu Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol. Ahmad Luthfi dengan mantan Panglima TNI Andika Perkasa dalam Pilkada Jateng 2024. Kabar Ahmad Luthfi yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur Jateng 2024 membuat PDIP menggeser Andika Perkasa ke 'kandang banteng' karena merasa sosoknya akan menjadi lawan yang layak.

Advertisement

"Di sebelah sana Pak Kapolda sudah maju, tentunya Pak Luthfi ya. Nah kalau Pak Andika mau maju, paling enggak memberi rasa aman di antara para kader se-Jawa Tengah," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024).

BACA JUGA : Pilkada Klaten 2024, Bakal Calon dari PDIP Jalani Fit and Proper Test

Kendati banyak kader PDIP lain yang memiliki basis suara di Jateng seperti Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, tetapi sosok Andika dinilai yang paling tepat. Pasalnya, para kader PDIP di Jateng akan merasa lebih yakin apabila yang bertarung merupakan dua mantan pimpinan institusi keamanan.

"Tetapi dalam kontestasi positif loh, bukan membenturkan institusi [Polri vs TNI]. Begini, begini begini, enggak, karena [pilkada] sudah masuk ranah sipil. Kalau sudah ranah sipil, ini kontestasi," ujarnya.

Rencana tersebut menjadi babak baru antara Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, Andika kemungkinan kuat bakal melawan calon gubernur yang didukung oleh Jokowi. Jokowi dikabarkan telah mengarahkan relawan untuk mendukung salah satu calon untuk maju dalam pemilihan gubernur alias Pilgub Jawa Tengah (Jateng).\

BACA JUGA : Pilgub Jateng Berpotensi Pertemukan Kader PDIP Vs Eks Aspri Prabowo

Jokowi menampik kabar tersebut dan menegaskan bahwa urusan nama bakal cagub, sebaiknya ditanyakan langsung ke partai politik (parpol). “Pilkada Jateng tanyakan ke partai politik. Ke parpol ya,” ujarnya kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bagaimana Kondisi Cuaca di Jogja Hari Ini? Simak Prakiraan Cuaca BMKG Minggu 7 Juli 2024

Jogja
| Minggu, 07 Juli 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement