Advertisement

Buntut PDNS 2 Dibobol Hacker, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri

Newswire
Kamis, 04 Juli 2024 - 11:07 WIB
Sunartono
Buntut PDNS 2 Dibobol Hacker, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri. Pengunduran diri itu sebagai bentuk tanggung jawab moral atas terjadinya pembobolan hacker ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri. Pengunduran diri itu sebagai bentuk tanggung jawab moral atas terjadinya pembobolan hacker ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.

"Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," ujar Semuel dilansir Antara, Kamis (4/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Turut Jadi Korban Serangan Siber PDN, Begini Respons Muhammadiyah

Semuel menyampaikan sebagai Dirjen Aptika yang mengampu proses transformasi pemerintahan, ia merasa tidak bisa mengemban tanggung jawab tersebut dengan baik. Insiden serangan siber terhadap PDNS 2 secara teknis adalah tanggung jawabnya.

"Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan ini tanggung jawab saya dan ini harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya," ujar Semuel.

Semuel menambahkan meski dia mengundurkan diri dari jabatannya, proses pemulihan PDNS 2 masih terus dilakukan secara optimal. PDNS 2 di Surabaya mengalami serangan siber dalam bentuk ransomware bernama Brain Chiper, varian terbaru dari Lockbit 3.0.

BACA JUGA : Peretas PDN Akan Kembalikan Data Secara Gratis, Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia

Puncaknya, PDNS mulai tidak bisa diakses sejak Kamis (20/6/2024) yang berakibat layanan publik tidak bisa diakses, termasuk layanan imigrasi. Terdapat sedikitnya 282 instansi pemerintah pengguna PDNS yang terdampak serangan siber tersebut. Pemerintah menargetkan pemulihan atas serangan siber PDNS 2 di Surabaya rampung pada bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Hari Ini, Minggu 7 Juli 2024, Berangkat dari Stasiun Palur, Jebres dan Solo Balapan

Jogja
| Minggu, 07 Juli 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement