Advertisement

Gangguan Server Pusat Data Nasional Bakal Ditelusuri Polri bersama BSSN

Anshary Madya Sukma
Senin, 24 Juni 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Gangguan Server Pusat Data Nasional Bakal Ditelusuri Polri bersama BSSN Ilustrasi server internet / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Terganggunya server Pusat Data Nasional (PDN) yang down selama empat hari sejak Kamis (20/6/2024) terus ditelusuri Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan menyampaikan untuk mengusut tuntas gangguan server itu pihaknya tengah bekerja sama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Advertisement

"Kami sedang mengumpulkan informasi, dan sedang kita dalami bekerjasama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain," ujar Listyo di The Tribrata Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Sebagaimana diketahui, PDN yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan dipergunakan berbagai instansi lembaga pemerintah untuk menyimpan data krisis mengalami gangguan sistem sejak Kamis (20/6/2024) lalu.

BACA JUGA: Viral Pedagang di Mandala Krida dapat Uang Palsu, Ini Penjelasan BI DIY

Laporan terakhir pada Minggu malam, (23/6/2024) Kemenkominfo memastikan layanan berangsur pulih, khususnya pada Direktorat Jenderal Imigrasi yang sempat terhambat layanannya lantaran server PDN down.

Kemenkominfo memastikan penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal. Terbaru, melalui surat edaran Kemenkominfo tersebut juga diberikan detail langkah-langkah pengajuan backup data PDN.

Teranyar, Dirjen Aplikasi Informatika Pemerintahan Samuel Abrijani Pangerapan meminta seluruh pengguna layanan PDN untuk melakukan pencadangan data atau backup data guna meminimalisir dampak hilangnya aset yang disebabkan server down.

"Sebagai bentuk dari preventive plan, pengguna Layanan Komputasi Awan Pemerintah perlu melakukan pemetaan aset dan mengajukan permohonan backup atas aset tersebut," kata Samuel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perangkat Lurah Kulonprogo Diminta Jaga Netralitas Pilkada 2024

Kulonprogo
| Sabtu, 28 September 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement