Advertisement

Israel Bombardir Kamp Pengungsi Nuseirat Gaza sejak Sabtu, Ratusan Orang Terbunuh

Reyhan Fernanda Fajarihza
Minggu, 09 Juni 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Israel Bombardir Kamp Pengungsi Nuseirat Gaza sejak Sabtu, Ratusan Orang Terbunuh Ilustrasi warga Palestina melintas di jalan yang dikelilingi bangunan yang hancur akibat serangan Israel. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Israel membunuh ratusan warga Gaza yang berlindung di Kamp Pengungsian Nuseirat, Jalur Gaza, Palestina. Aksi pembantaian itu dilakukan militer Israel di dari Sabtu hingga hari ini, Minggu (9/6/2024).

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa serangan melalui udara, darat, dan laut ke wilayah kamp pengungsian Nuseirat itu telah membunuh setidaknya 226 orang dan melukai lebih dari 400 orang lainnya.

Advertisement

“Masih ada banyak mayat dan korban luka-luka yang tergeletak di jalanan,” kata seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza sebagaimana dikutip dari Al-Jazeera, Minggu (9/6/2024).

Lebih lanjut, tenaga medis yang bertugas Rumah Sakit Al-Aqsa juga menggambarkan kengerian kondisi korban serangan tersebut.

Tanya Haj-Hassan, seorang dokter perawatan intensif dari Doctors Without Borders (MSF), menggambarkan bahwa situasi di tempatnya bekerja dipenuhi dengan genangan darah dari para korban yang mencari bantuan. “Keadaannya sangat kacau dan ada begitu banyak pasien yang jumlahnya jauh melebihi kemampuan layanan kesehatan untuk merawat mereka," ujarnya.

BACA JUGA: Serangan Israel di Gaza Tewaskan 70 Orang 

Tindakan biadab Israel ini menuai kecaman dunia internasional.

Uni Eropa, melalui Kepala Kebijakan Luar Negeri, Josep Borrell mendesak agar Israel menghentikan pembantaian terhadap warga sipil Palestina. Selain itu, dia juga meminta agar usulan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden segera diterapkan demi tercapainya gencatan senjata permanen dan di Jalur Gaza.

Di sisi lain, dalam sebuah pernyataan singkat, militer Israel berkilah bahwa pasukannya menargetkan serangan ke infrastruktur Hamas yang ada di Nuseirat.

Pasukan negara pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ini juga mengumumkan telah menyelamatkan empat tawanan Hamas berbarengan dengan serangan tersebut. “Keempat orang tersebut berada dalam kondisi medis yang baik,” kata perwakilan militer Israel dalam keterangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Klaster Herbal, Kelurahan Rejowinangun Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu

Jogja
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement