Advertisement

Uji Coba Taksi Terbang IKN Bakal Diuji Coba Juni 2024

Akbar Evandio
Rabu, 29 Mei 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Uji Coba Taksi Terbang IKN Bakal Diuji Coba Juni 2024 Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kementerian PUPR, Jakarta. ANTARA - Aji Cakti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Rencana, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono akan menguji coba kendaraan mobilitas perkotaan sky taxi atau taksi terbang pada Juni 2024.

Bambang mengatakan showcase tersebut akan segera dilaksanakan karena taksi yang dimaksudkan telah tiba di Balikpapan. Taksi terbang berjenis Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV) merupakan kendaraan yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors Company (HMC).

Advertisement

“Barangnya sudah sampai di Balikpapan, minggu depan dibuka kemudian dirakit, setelah dirakit nanti kita akan coba,” kata Bambang melalui rilisnya, Rabu (29/5/2024).

Dia menjelaskan kendaraan uji coba yang dikirimkan dalam beberapa pallet tersebut saat ini sudah disimpan di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Sementara itu, baterai untuk kendaraan sudah berada di Jakarta dan direncanakan tiba di Samarinda pada 6 Juni 2024.

Pembukaan pallet dan inspeksi akan dilakukan oleh Hyundai, Bea Cukai Kalimantan wilayah Timur, serta Otorita IKN di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda pada awal Juni mendatang. Pembukaan tersebut menandakan tahap pengurusan izin impor sementara telah dimulai.

“Temen-temen di Samarinda bisa lihat nanti. Uji coba dulu, kita lihat, uji cobanya bagus atau engga nanti ada evaluasi tentang kinerja, evaluasi teknis di situlah saya mengharapkan teman-teman dari civitas akademika lokal juga dilibatkan,” tuturnya.

Baca Juga

Pembangunan Pusat Latihan PSSI di IKN Sedikit Lagi Kelar

Ada Prospek Usaha, Warga Sekitar IKN Diharapkan Tidak Menjual Lahan

Progres Pembangunan Ibu Kota Negara di IKN Capai 55 Persen

Tak hanya itu, dia menambahkan kesempatan untuk melihat dan mempelajari taksi terbang ini merupakan pengalaman yang berharga. “Engga banyak lho di dunia ini yang berkesempatan mencoba mobil terbang,” ujarnya.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi pun menyatakan pelaksanaan inspeksi dan uji coba akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Ali mengatakan pelakanaan masih sesuai dengan target jadwal PoC (Proof-of-Concept) dari arahan Kepala Otorita IKN, yakni kegiatan perakitan dan inspeksi akan dimulai pada awal Juni dan dilanjutkan uji coba terbang pada Juli 2024 menjelang perhelatan 17 Agustus di IKN.

“Kegiatan uji coba akan dilakukan selama sebulan penuh di Bandara APT Pranoto Samarinda dan melalui serangkaian pengujian dan kajian kelayakan,” ujar Ali.

Setelah ujicoba KARI selesai, Hyundai merencanakan untuk mengembangkan skema bisnis dalam melalui Supernal, perusahaan dari Hyundai Motor Group di Amerika Serikat yang mengembangkan pesawat mobilitas udara perkotaan. Pengembangan tersebut yang nantinya akan dikomersialkan, serta dilanjutkan hingga pengembangan teknologi penerbangan autonomous.

“Kami juga berharap dengan terbentuknya tim teknis antara Hyundai dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dapat melakukan pengembangan teknologi industri ini secara masif kedepannya” kata Ali Berawi.

Sekadar informasi, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman untuk membangun ekosistem Advanced Air Mobility di Indonesia dengan Hyundai Motor Company di Bali saat B20 Summit tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 26 Juni 2024: Ubur-ubur di Pantai hingga Informasi PPDB 2024

Jogja
| Rabu, 26 Juni 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement