Advertisement

Kronologi Baku Tembak TNI Polri dengan Separatis Papua

Anshary Madya Sukma
Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Kronologi Baku Tembak TNI Polri dengan Separatis Papua Antrean bus dan truk alat berat milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua Tengah. Pengawalan keamanan di lokasi tambang Freeport cukup ketat menyusul serangkaian penembakan yang dilakukan KKB Papua. - Bisnis/Hendri T. Asworo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Satgas Damai Cartenz menyampaikan kronologi penembakan aparat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau kelompok separatis di kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno menjelaskan peristiwa baku tembak itu terjadi pada Jumat 14.15 WIT. Saat itu Satgas Cartenz memperoleh informasi soal KKB bakal menyerang terhadap Polsek dan Koramil.

Advertisement

"Pada pukul 14.20 WIT, Satgas Nanggala dan Satgas Belukar Ops Damai Cartenz telah melakukan pemantauan dan memonitor beberapa anggota KKB yang sedang bersiap-siap untuk menyerang Polsek dan Koramil," kata Bayu dalam keterangannya, Sabtu (11/5/2024).

Pada 14.25 WIT telah terjadi kontak tembak antara tim gabungan TNI-Polri dengan KKB yang berada di sekitar Kampung Pogapa.  "Pukul 14.25 WIT, tim melakukan tembakan ke arah posisi KKB yang kemudian direspons dengan kontak tembak langsung," ujarnya.

Baku tembak antara aparat keamanan dan KKB terus berlangsung hingga 15.25 WIT. Dalam periode tersebut sudah tidak terdengar lagi bunyi letusan senjata baik dari pihak TNI-Polri maupun KKB.  B

Bayu menegaskan, aksi baku tembak yang berlangsung satu jam itu tidak menuai korban jiwa dari pihak aparat keamanan. "Saat ini, seluruh jajaran aparat keamanan baik TNI-Polri masih berada dalam kesiagaan satu, terus memantau setiap pergerakan KKB," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja & TNI AU Gelar Pertunjukkan Orkestra Lagu Jawa dan Perjuangan di Balai Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 28 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement