Advertisement

MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres, Presiden Jokowi Kunker ke Gorontalo

Akbar Evandio
Senin, 22 April 2024 - 14:07 WIB
Lajeng Padmaratri
MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres, Presiden Jokowi Kunker ke Gorontalo Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (tengah) didampingi Hakim Konstitusi Saldi Isra (kiri) dan Arief Hidayat (kanan) memimpin jalannya sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4 - 2024). / ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 pada hari ini, Senin (22/4/2024) di Jakarta.

Adapun pada hari pembacaan hasil yang menentukan nasib putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden 2024-2029, ia tengah dalam aktivitas untuk sejumlah agenda kerja dalam kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Gorontalo.

Advertisement

Menurut Bisnis.com, Jokowi telah berlabuh sejak kemarin, sehingga pada hari keduanya ia akan bertolak menuju Kabupaten Pohuwato dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 melalui Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo sekitar pukul 07.20 WITA.

BACA JUGA: Tok! MK Tolak Seluruh Permohonan Anies-Muhaimin, 3 Hakim Dissenting Opinion

Setibanya di Bandar Udara Panua Pohuwato, Kabupaten Pohuwato, Jokowi akan langsung meninjau fasilitas bandara, dilanjutkan dengan meresmikan bandara tersebut.

Selesai acara, ia dijadwalkan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Kabupaten Boalemo, Kepala Negara akan meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Gorontalo. Selain itu, Presiden Jokowi juga direncanakan akan meninjau lokasi panen jagung.

Setelah itu, Jokowi akan bertolak menuju Kabupaten Bone Bolango dengan menggunakan helikopter melalui helipad Stadion Pemuda Boalemo, Kabupaten Boalemo. Di Kabupaten Bone Bolango, Jokowi akan meninjau Bendungan Bolango Ulu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila.

Setelah semua agenda di Provinsi Gorontalo selesai, Jokowi akan bertolak menuju Provinsi Sulawesi Barat dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandara Djalaluddin. Mengenai amar putusan yang akan disampaikan MK pada hari ini, Senin (22/4) terkait putusan hasil sengketa Pilpres 2024. Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada MK. "Oh itu [hasil sengketa Pilpres] kan wilayahnya di wilayah Mahkamah Konstitusi," katanya usai bermain bola bersama anak-anak di Gorontalo, dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/4/2024).

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin justru meminta agar masyarakat dan seluruh pihak terkait untuk menghormati apapun putusan MK yang akan menggelar sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2024 hari ini.

BACA JUGA: Alasan MK Tolak Seluruh Permohonan Sengketa Pilpres Kubu AMIN

Wapres Ke-13 RI itu, kata Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, meminta agar seluruh pihak dapat terus menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Menurut Ma’ruf, MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024 sehingga apapun keputusan MK nantinya adalah sah. "MK juga telah melakukan pelibatan publik untuk berpendapat, melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan, yang sudah disambut oleh para tokoh bangsa dan kaum cerdik pandai. Dengan demikian putusan MK legitimate," ujar Masduki kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (22/4/2024).

Dia mengingatkan bahwa Wapres juga menekankan tentang pentingnya persatuan. Menurutnya persatuan merupakan syarat suatu bangsa meraih kemajuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sleman Kekurangan Ribuan Hewan Kurban, Butuh Pasokan Daerah Lain

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement