Advertisement

Korsel Tambah 2.700 Perawat di Tengah Aksi Dokter Mogok

Newswire
Jum'at, 12 April 2024 - 14:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Korsel Tambah 2.700 Perawat di Tengah Aksi Dokter Mogok Dokter / ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SEOUL—Kementerian Kesehatan Korea Selatan menambahkan 2.700 perawat asisten (PA) dokter ke rumah sakit untuk meminimalkan gangguan sistem medis karena aksi mogok panjang dokter.

Lebih dari 90% dari 13.000 dokter yang masih menjalani pelatihan di Korea Selatan telah mengundurkan diri sebagai bentuk protes sejak 20 Februari sebagai protes atas keputusan pemerintah untuk meningkatkan jumlah kursi sekolah kedokteran sebanyak 2.000 kursi mulai tahun depan dari 3.058 kursi saat ini.

Advertisement

Pemogokan tersebut telah mengakibatkan kekacauan besar di bidang medis, karena para dokter pelatihan memainkan peran penting di rumah sakit-rumah sakit besar. Sehingga PA serta staf medis lainnya telah berjuang untuk mengisi kekosongan tersebut.

Kementerian Kesehatan mencatat bahwa pada akhir Maret lalu, terdapat 8.982 PA yang bekerja di 375 rumah sakit umum di seluruh negeri dan pemerintah berencana menambah 2.715 perawat sehingga jumlah totalnya menjadi sekitar 12.000.

Baca Juga

Militer Korsel Bakal Sediakan UGD Jika Dokter Sipil Mogok Massal

Aksi Mogok Dokter, Profesor Kedokteran Korsel Minta Wamenkes Tak Dilibatkan

Aksi Dokter Mogok di Korsel Bikin Tingkat Penerimaan Publik Terhadap Presiden Turun

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah mengatakan akan melakukan program pendidikan dan pelatihan intensif bagi PA tersebut mulai minggu depan.

Pemerintah mengatakan pihaknya terbuka untuk melakukan pembicaraan dan Presiden Yoon Suk Yeol bertemu dengan ketua kelompok dokter peserta pelatihan yang mogok pada awal bulan ini. Namun belum ada terobosan langsung yang dilaporkan.

Pemerintah juga menekankan perlunya peningkatan kuota penerimaan untuk mengatasi kekurangan dokter, khususnya di daerah perdesaan dan bidang medis penting, seperti bedah berisiko tinggi, pediatri, kebidanan, dan pengobatan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Masih Menunda Pembangunan TPS 3R di Piyungan, Ini Alasannya

Jogja
| Rabu, 01 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Ada Gunung Menyerupai Piramida di China Bikin Heboh Warganet, Begini Penjelasan Ahli

Wisata
| Minggu, 28 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement