Advertisement

Ogah Merugi, Supermarket di Australia Pasang GPS di Daging Mahal untuk Cegah Pencurian

Lajeng Padmaratri
Senin, 08 April 2024 - 21:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Ogah Merugi, Supermarket di Australia Pasang GPS di Daging Mahal untuk Cegah Pencurian Supermarket di Australia memasang GPS pada stok daging mahal. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, SYDNEY—Sebuah jaringan supermarket di Australia sudah sangat sering menjadi korban pencurian daging hingga berujung kerugian. Untuk mencegah tragedi itu terulang, mereka memasang alat pencari lokasi GPS (Global Positioning System) pada stok daging.

Langkah unik itu dilakukan oleh jaringan supermarket Australia, Drakes, yang baru-baru ini memulai uji coba penempatan pencari lokasi GPS pada daging mahal untuk mengurangi kerugian akibat pengutilan. Sejumlah stok daging mahal dikemas dalam kotak transparan yang dilengkapi dengan pencari lokasi GPS yang memungkinkan produk tersebut dilacak.

Advertisement

BACA JUGA: Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki

Dikutip dari Oddity Central, kotak polikarbonat biasanya digunakan untuk mencegah pencurian barang-barang bernilai tinggi di supermarket. Baru Drakes yang pertama menggunakannya pada daging. Secara teknis, daging berkualitas tinggi seperti Wagyu memenuhi syarat sebagai produk mewah, sehingga Drakes yakin tindakan pengamanan tersebut dapat dibenarkan.

“Kita berbicara tentang daging yang harganya berkisar antara $50 hingga $100 per kilo, jadi ini adalah daging dengan kualitas tertinggi yang kita miliki,” kata direktur John-Paul Drake kepada ABC News.

Wadah polikarbonat memang tidak terlihat kokoh. Kendati demikian, menurut John-Paul Drake, wadah tersebut memerlukan tenaga yang besar untuk memecahkan atau membuka paksa. Jauh lebih mudah untuk hanya membayar produk dan melepasnya saat sudah lunas.

BACA JUGA: Mengandung Tungau, Keju Jerman Ini Jadi Kuliner Aneh dan Langka

Drakes mengklaim daging senilai $12 juta dicuri dari jaringan 67 supermarketnya di Australia Selatan dan Queensland setiap tahunnya. Kini, perusahaan tersebut berharap bahwa pencari lokasi GPS baru akan membantu mengurangi kerugian tersebut secara signifikan.

Saat ini mereka sedang menjalani uji coba selama tiga minggu, dan jika kasus daging terbukti berhasil, mereka berencana untuk memperluas penerapannya di seluruh Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement