Advertisement

84 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur

Newswire
Minggu, 07 April 2024 - 10:57 WIB
Sunartono
84 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur Kebakaran lahan - hutan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BALIKPAPAN—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 84 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga semua pihak terkait diharap melakukan penanganan sesuai prosedur.

"Sebanyak 84 titik panas ini terpantau sepanjang Sabtu (6/4) kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Ahad.

Advertisement

Sebaran titik panas ini telah disampaikan ke pihak terkait seperti Masyarakat Peduli Api, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan tindakan sesuai prosedur.

Jumlah titik panas sebanyak ini mengalami kenaikan ketimbang hari sebelumnya, Jumat (5/4) yang terpantau 59 titik dan tersebar pada tiga kabupaten yakni Kutai Barat (35), Kutai Timur (13), dan Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau (11) titik.

"Mengingat jumlah titik panas mengalami peningkatan, maka semua pihak diharapkan selalu waspada dan saling mengingatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan," katanya.

Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga hal ini menyebabkan dahan, ranting, dan daunnya mengering yang rawan terjadi kebakaran.

Ia mengatakan, 84 titik panas yang terpantau kemarin tersebar di lima daerah yakni Kota Bontang (1), Kabupaten Paser (4), Kutai Barat (18), Kutai Timur (38), dan Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau 23 titik panas.

Rinciannya, di Bontang berada di Kecamatan Bontang Selatan dengan tingkat kepercayaan rendah, di Paser tersebar di tiga kecamatan yaitu Batu Sopang (2), Batu Engau (1), Pasir Belengkong (1), semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Barat dengan 18 titik panas tersebar pada tiga kecamatan yakni Kecamatan Bongan (2), Jempang (13), dari Muara Pahu (3) titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kabupaten Kutai Timur yang terpantau 38 titik tersebar pada enam kecamatan yakni Sangatta Utara (4), Bengalon (16), Rantau Pulung (12), Sangkulirang (2), Telen (2), dan Kecamatan Teluk Pandan (2) dengan tingkat kepercayaan menengah.

"Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terpantau 23 titik tersebar pada delapan kecamatan yakni Kembang Janggut (3), Loa Janan (3), Marangkayu (4), Muara Badak (3), Muara Kaman (4), Muara Muntai (4), Sebulu (1), dan Kecamatan Tabang (1) dengan tingkat kepercayaan rendah dan menengah," kata Diyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement