Advertisement

China Resmi Cabut Peringatan Tsunami Pascagempa Guncang Taiwan

Newswire
Rabu, 03 April 2024 - 16:37 WIB
Arief Junianto
China Resmi Cabut Peringatan Tsunami Pascagempa Guncang Taiwan Bangunan runtuh akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang Taipei, Taiwan pada Rabu (3/4/2024). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Kementerian Sumber Daya Alam China mencabut peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah serangkaian gempa dahsyat mengguncang pantai timur Taiwan. Hal itu dilaporkan oleh China Central Television (CCTV), dikutip dari Sputnik, Rabu (3/4/2024).

Sebelumnya pada Rabu, kementerian tersebut telah mengeluarkan peringatan tsunami level 1 atau tanda bahaya tertinggi dari empat level di China, menyusul gempa di lepas pantai Taiwan.

Advertisement

Menurut Administrasi Gempa Bumi China (CEA), gempa bermagnitudo 7,3 terjadi di lepas pantai Daerah Hualien di Taiwan timur pada Rabu.

Kemudian terjadi lebih dari 11 kali gempa susulan dengan magnitudo di atas 4, katanya. Pada Rabu pagi, serangkaian gempa dahsyat tercatat di lepas pantai Taiwan.

Juru bicara Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa bumi terkuat bermagnitudo 7,7 dan kemudian disusul magnitudo 6,6 dan magnitudo 6,3, menurut data otoritas.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Taiwan, Jepang Terbitkan Peringatan Tsunami

Warganet di X mengunggah video yang memperlihatkan sejumlah bangunan di Taiwan dalam kondisi miring dan sebagian dalam keadaan hancur.

Menurut Administrasi Cuaca Pusat Taiwan, Gempa tersebut, yang mematikan aliran listrik di beberapa bagian ibu kota Taipei, terjadi pada pukul 07:58 (2358 GMT) di kedalaman 15,5 km (9,6 mil) di lepas pantai timur Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement