Advertisement

Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Taiwan, Jepang Terbitkan Peringatan Tsunami

Sunartono
Rabu, 03 April 2024 - 09:37 WIB
Sunartono
Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Taiwan, Jepang Terbitkan Peringatan Tsunami Kerusakan di sebuah apartemen dampak dari Gempa Taiwan. - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gempa berkekuatan magnitudo 7,7 dan magnitudo 6,6 mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi. Getaran gempa tersebut terasa hingga Jepang selatan dan otoritas setempat mengeluarkan peringatan tsunami.

Berdasarkan laporan Reuters, gempa terkuat selama 25 tahun terakhir itu mengguncang bangunan hingga lepas dari fondasinya dan memicu peringatan tsunami di pulau-pulau di Jepang selatan dan Filipina. Stasiun-stasiun televisi Taiwan memperlihatkan rekaman bangunan pada sudut yang berbahaya di wilayah timur Hualien yang berpenduduk dekat pusat gempa. Media lokal menuliskan beberapa orang terjebak, namun belum ada laporan mengenai korban jiwa atau cedera.

Advertisement

BACA JUGA : WNA Taiwan Jadi Korban Tenggelam KM Pari Kudus, Tim Gabungan Kerahkan 8 Kapal Pencarian

"Gempa tersebut, yang mematikan aliran listrik di beberapa bagian ibu kota Taipei, terjadi pada pukul 07:58 (2358 GMT) di kedalaman 15,5 km (9,6 mil) di lepas pantai timur Taiwan, menurut Administrasi Cuaca Pusat Taiwan. Badan cuaca Jepang mengatakan beberapa gelombang tsunami kecil mencapai bagian selatan prefektur Okinawa, dan kemudian menurunkan peringatan tsunami sebelumnya menjadi peringatan. Ini merevisi besarnya menjadi 7,7," demikian ditulis Reuters sebagaimana dipantau Harianjogja.com, Rabu.

Badan Seismologi Filipina turut mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir beberapa provinsi. Pemerintah ini mengimbau masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Reuters juga melaporkan gempa itu terasa di Shanghai. Media pemerintah Tiongkok melaporkan gempa juga dirasakan di Fuzhou, Xiamen, Quanzhou dan Ningde di provinsi Fujian Tiongkok. Menurut saksi mata Reuters, gempa susulan masih terasa di Taipei, dan sejauh ini tercatat ada 25 gempa susulan, menurut badan cuaca pusat Taiwan.

BACA JUGA : Diguncang Gempa M 5,5, 126 Rumah Hancur dan 21 Orang Terluka di China

Kantor berita resmi Taiwan mengatakan gempa tersebut merupakan yang terbesar yang melanda pulau itu sejak 1999 ketika gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menewaskan sekitar 2.400 orang dan menghancurkan atau merusak 50.000 bangunan kala itu. Badan Cuaca Pusat Taiwan mengatakan gempa tersebut mencatat intensitas tertinggi kedua dari "6 Atas" di wilayah Hualien, pada skala intensitas 1-7. Pada gempa bumi Tingkat 6, sebagian besar dinding beton yang tidak diperkuat akan runtuh dan orang-orang tidak dapat berdiri atau bergerak tanpa merangkak, demikian kata Badan Meteorologi Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement