Advertisement

Pesawat Asian One Air Ditembaki di Beoga, Ini Penjelasan Kemenhub

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Jum'at, 16 Februari 2024 - 23:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pesawat Asian One Air Ditembaki di Beoga, Ini Penjelasan Kemenhub Pesawat milik Asean Air dengan nomor penerbangan PK-LTF , Jumat ditembak saat hendak mendarat di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. ANTARA/Hand Out - pri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya kejadian penembakan pesawat yang terjadi di Distrik Beoga, Papua Tengah pada Jumat (16/2/2024). Kendati demikian, Kemenhub memastikan penumpang dan pilot Asia One Air selamat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni menjelaskan pesawat yang ditembaki oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu merupakan jenis Cessna Grand Caravan registrasi PK-LTF milik PT. Asian One Air yang terbang dengan rute Timika – Beoga. Kristi mengatakan, pesawat tersebut membawa pilot dan sembilan orang penumpang. Dia memastikan kondisi pilot dan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. “Kami pastikan semua penumpang dan Pilot dalam keadaan selamat. Namun pada area cargo pod section D sebelah kanan terdapat lubang bekas tembakan yang menembus ke floor pesawat,” ujar Kristi dalam keterangan resminya, Jumat (16/2/2024).

Advertisement

Kristi menuturkan pesawat PK-LTF tersebut melakukan penerbangan kedua dari Timika menuju Beoga pada pukul 23.59 UTC atau pukul 08.59 WIT. Pada saat pesawat berada di posisi final sebelum landing atau tepatnya pada ketinggian kurang lebih 300 kaki menuju runway terdengar suara letusan tembakan dari arah belakang pesawat. Kendati demikian, pesawat berhasil mendarat dengan normal di Distrik Beoga pada pukul 00.53 UTC/09.53 WIT. Setelah pesawat dalam posisi engine shutdown, Pilot in Command (PIC) melakukan pengecekan terhadap kondisi penumpang dan pesawat.

Baca Juga

Kronologi Lengkap KKB Tembaki Pesawat Trigana Air di Bandara Oksibil

Rusia Desak Sidang PBB Usai Pesawat Rusia Berisi Tawanan Ukraina Ditembak Jatuh

KKB Papua Bakar Kantor Pemerintahan hingga Tembaki Pesawat

Dia mengatakan selanjutnya pihak keamanan gabungan dari TNI/Polri sudah melakukan penyisiran. Setelah berkoordinasi secara internal mengenai kondisi kelaikudaraan pesawat serta karena alasan keamanan, PIC memutuskan untuk menerbangkan pesawat kembali ke Timika. “Pesawat mendarat di Timika pada pukul 02.22 UTC atau 11.22 WIT. Berdasarkan pengecekan terdapat kerusakan minor pada pesawat dan sedang dalam evaluasi untuk perbaikan,” jelas Kristi.

Kristi mengatakan telah memerintahkan Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke beserta jajaran untuk melakukan investigasi insiden tersebut dan terus berkoordinasi dengan pihak keamanan gabungan TNI/Polri serta Pemerintah Daerah setempat untuk pemantauan lebih lanjut serta mengidentifikasi potensi ancaman terhadap penerbangan. “Kami harus mendapat kepastian keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan pada rute-rute yang dilalui pesawat dapat terjamin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement