Advertisement

Pj Gubernur Serahkan Bantuan Pangan kepada 1.000 Keluarga di Karanganyar

Media Digital
Rabu, 07 Februari 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Pj Gubernur Serahkan Bantuan Pangan kepada 1.000 Keluarga di Karanganyar Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyerahkan bantuan kepada masyarakat Karanganyar di Kantor Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Rabu (7/2/2024). - Istimewa

Advertisement

KARANGANYAR—Pemprov Jawa Tengah kembali menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) kepada 1.000 warga Kabupaten Karanganyar. 

Secara simbolis, bantuan itu diserahkan oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Kantor Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Rabu (7/2/2024).

Advertisement

Bantuan pangan itu diperuntukkan bagi warga yang belum tercover bantuan pangan dari pemerintah pusat. Sebab, berdasarkan pendataan yang dilakukan, masih ada warga miskin yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. “Padahal mereka termasuk masyarakat miskin dan membutuhkan," kata Nana seusai penyerahan bantuan.

Total ada 10 ton beras dan 5.000 mi mocaf yang diserahkan kepada masyarakat miskin dari tiga kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Meliputi Kecamatan Jaten, Kecamatan Karanganyar, dan Kecamatan Tasikmadu dengan total 9 desa.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat dapat mendapatkan kehidupan yang layak," katanya.

Menurut Nana, persoalan data penerima bantuan memang harus sinkron antara daerah dan pusat. Adanya masyarakat yang belum menerima bantuan pangan Bapanas sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah daerah untuk menindaklanjuti.

Nana berharap, bantuan pangan dari Pemprov Jateng tersebut tepat sasaran dan dapat membantu masyarakat miskin. Selain itu, mampu mempercepat pengentasan daerah rentan rawan pangan dan kemiskinan di Kabupaten Karanganyar.

BACA JUGA: Minimalkan Kecelakaan Kerja, Pemprov Jateng Gandeng Perguruan Tinggi

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah, Dyah Lukisari menambahkan selama Januari 2024, Pemprov Jateng sudah menggelontorkan bantuan beras sebanyak 62 ton. Semuanya diberikan kepada masyarakat miskin dan miskin ekstrem yang belum ter-cover bantuan pangan Bulog dan Bapanas.

"Bantuan pangan Pemprov Jateng tidak hanya berupa beras tetapi juga komoditas lain berupa mi mocaf. Mi yang terbuat dari tepung singkong itu masuk dalam paket bantuan sekaligus untuk menggencarkan diversifikasi pangan," katanya.

Selain pangan lokal dari singkong, ada juga yang berasal dari jagung dan porang. Dari bahan pangan lokal itu dapat diproduksi menjadi beras jagung, beras porang, beras singkong, mi mocaf, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

DIY Kekurangan Pemandu Wisata Berbahasa Asing

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement