Advertisement

Istana Bantah Paspampres Jokowi Menganiaya Pendukung Ganjar di Gunungkidul

Akbar Evandio
Kamis, 01 Februari 2024 - 09:07 WIB
Maya Herawati
Istana Bantah Paspampres Jokowi Menganiaya Pendukung Ganjar di Gunungkidul Kejadian dugaan penganiayaan yang dialami pendukung Ganjar saat membentengkan poster didepan iring-iringan Jokowi, Selasa (30/1/2024). - ist - Tangkapan Layar video yang beredar di Media Sosial

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pihak Istana Negara membantah adanya keterlibatan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) dalam kasus dugaan penganiayaan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gunungkidul, Selasa (30/1/2024). Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menekankan Paspampres tidak melakukan tindak kekerasan terhadap pendukung Ganjar Pranowo.

Dia mengatakan bahwa dari pihak Paspampres pun telah mengklarifikasi bahwa anggotanya tidak melakukan kekerasan kepada masyarakat.

Advertisement

"Prinsipnya setiap kunjungan Presiden di mana pun kita tahu sendiri Presiden sangat terbuka berinteraksi dengan masyarakat,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Rabu (31/1/2024).

Lebih lanjut, Ari melanjutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak pernah membatasi masyarakat yang ingin mendekat setiap kali kunjungan ke daerah.

Bahkan, menurutnya selama ini masyarakat bisa langsung menyampaikan keluhan langsung kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

"Itu situasi bagaimana cara Presiden merespons masyarakat. Jadi interaksi itu sama sekali tidak pernah ada policy atau kebijakan untuk membatasi masyarakat berinteraksi dengan Presiden. Nah, tentu pengamanan itu yang sering sekali terjadi di daerah, ya, dalam kunjungan kerja," ucapnya.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Minta Batas Kelok 18 Harus Dipertegas

Menurutnya, selain mendengar keluhan masyarakat Kepala Negara pun terbuka dengan berbagai pilihan masyarakat yang mendukung pasangan calon (paslon) tertentu yang melakukan mobilisasi di lokasi kunjungan kerja.

"Walaupun ada teriakan paslon atau upaya untuk memobilisasi di pinggir jalan meneriakkan paslon dengan settingan tertentu, saya kira Presiden sama sekali tidak terganggu," kata Ari.

Pada Selasa (30/1/2024) seorang pria yang membawa spanduk bertuliskan “Selamat datang Bapak Jokowi, kami sudah pintar, kami pilih Ganjar” saat Jokowi berkunjung ke Gunungkidul, mengaku dipukul.

Pria tersebut dianiaya oleh dua orang yang diyakini aparat serta membawanya jauh dari kerumunan. Saat, rombongan Presiden melintas di depan Pasar Argosari. Iring-iringan presiden itu direkam oleh warga dan videonya dibagikan di beberapa media sosial. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Bantul Buka Penjaringan Pilkada 2024 Pekan Depan

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement