Advertisement

Hari Ini, Jokowi Lantik Politikus Senior PPP Arsul Sani Menjadi Hakim Konstitusi

Newswire
Kamis, 18 Januari 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Hari Ini, Jokowi Lantik Politikus Senior PPP Arsul Sani Menjadi Hakim Konstitusi Waketum PPP, Arsul Sani, saat ditemui media usai Rapimnas PPP di Sleman, Rabu (26/4/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Politikus senior Arsul Sani akan dilantik sebagai Hakim Konstitusi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengakui kabar tersebut. mlmelalui pesan singkat, Ari mengonfirmasi agenda pengucapan sumpah Hakim Konstitusi di hadapan Presiden RI. “Ya betul, Bapak Arsul Sani,” katanya.

Advertisement

Pada Oktober lalu, Rapat Paripurna Ke-7 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023—2024, Selasa, menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Arsul Sani sebagai calon hakim konstitusi tahun 2024 yang berasal dari usul DPR.

BACA JUGA: Rencana Pengembangan Pantai Depok Bantul Harus Terintegrasi dengan Kulonprogo dan Gunungkidul

Arsul Sani sebagai calon hakim konstitusi terpilih akan menggantikan hakim konstitusi Wahiduddin Adams yang akan memasuki usia 70 tahun pada 17 Januari 2024.

Ditemui usai uji kelayakan dan kepatutan, Arsul Sani mengatakan dirinya siap mundur dari keanggotaan partai politik serta sebagai pimpinan MPR maupun anggota DPR.

"Kalau misalnya saya dipilih, konsekuensinya, ya, (saya) berhenti dari DPR, mundur sebagai pimpinan MPR, mundur sebagai anggota partai. Itu, ya, karena undang-undang MK itu disebutkan bahwa hakim MK itu tidak boleh menjadi anggota parpol dan tidak boleh menjadi pejabat negara. Ya, itu memang harus ditaati," kata Arsul.

Dia pun mengaku siap berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kelembagaan MK dengan menghasilkan putusan konstitusional yang menghindari timbulnya ketegangan antarlembaga negara.

BACA JUGA: Peringatan Dini Gangguan Cuaca di DIY, BMKG: Waspadai Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang serta Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan

"Sekali lagi, niat saya, kelembagaan negara kita itu makin lama makin baiklah, tidak kemudian masing-masing menunjukkan ego sektoral atau ego sentralnya masing-masing; dan keinginan saya, mudah-mudahan bisa berkontribusi agar kemudian tidak ada ketegangan-ketegangan antarlembaga negara yang terjadi," ujar Arsul Sani.

Sebelum terpilih menjadi Hakim Konstitusi, Anggota Komisi III DPR RI, Wakil Ketua MPR RI, serta pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja ke Sejumlah Kampus dan Lokasi Wisata, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement